Jumat 28 May 2021 06:25 WIB

Resolusi Dewan HAM PBB Awasi Tindakan Israel atas Palestina

Resolusi Dewan HAM PBB juga menyasar kelompok Hamas, Palestina

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Logo PBB (ilustrasi)
Foto:

Teks yang direvisi menyerukan kepada negara-negara untuk menahan diri dari mentransfer senjata. Negara-negara pengirim harus menilai "risiko yang jelas" bahwa senjata semacam itu dapat digunakan untuk melakukan pelanggaran serius terhadap hak asasi manusia atau hukum humaniter. Itu ditujukan ke negara-negara yang mengirimkan senjata ke Israel.

Meski demikian, resolusi tersebut jelas dikecam oleh Israel. "Keputusan memalukan hari ini adalah contoh lain dari obsesi anti-Israel Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang terang-terangan," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan. Dia menilai hal itu sebagai parodi yang mengejek hukum internasional dan mendorong teroris di seluruh dunia.

Sementara Otoritas Palestina (PA) menyambut baik resolusi tersebut. Pihak PA mengatakan resolusi tersebut merupakan pengakuan internasional atas penindasan sistemik Israel dan diskriminasi terhadap rakyat Palestina. "Realitas apartheid dan impunitas tidak bisa lagi diabaikan," kata PA.

China dan Rusia termasuk di antara mereka yang memberikan suara mendukung. Beberapa negara Barat dan Afrika memilih tidak mendukung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement