Selasa 08 Jun 2021 00:09 WIB

Menlu Retno: China Mainkan Peran Penting Kerja Sama Vaksin

Kesenjangan vaksin global berisiko memperdalam pandemi Covid-19.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Foto:

Retno mengungkapkan, ke depan ia berharap ada peningkatan kerja sama dengan China dalam hal dukungan terhadap ASEAN Covid-19 Response Fund. Selain itu, dia berharap China berbagi lebih banyak dosis sharing melalui fasilitas Covax.

“Kenapa ini penting sekali adalah dalam rangka memenuhi akses setara terhadap vaksin untuk semua negara. Ke depan peningkatan kerja sama juga diperlukan untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan cara memproduksi di negara-negara lain,” kata Retno.

 

Menurut dia, di luar isu vaksin, kemitraan ASEAN-China dalam membangun ketahanan kesehatan kawasan juga sangat penting. Hal itu guna mengantisipasi pandemi pada masa mendatang.

Retno menilai, hal itu dapat dicapai melalui penguatan sistem deteksi dini, investasi dalam industri kesehatan, termasuk sektor farmasi, penelitian dan pengembangan, serta pembentukan pusat produksi vaksin regional.

“Di tingkat global, kita harus bekerja sama untuk memajukan kepentingan negara-negara berkembang pada perjanjian internasional tentang kesiapsiagaan pandemi,” kata Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement