Jumat 11 Jun 2021 13:05 WIB

Sinyal Eks Bos Mossad, Israel Habisi Ilmuwan Iran

Israel diduga juga berada di balik serangan ke fasilitas nuklir Iran.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Sebuah bangunan rusak akibat kebakaran di fasilitas pengayaan uranium Natanz sekitar 200 mil (322 kilometer) selatan ibu kota Teheran, Iran, dalam foto yang dirilis pada 2 Juli 2020 oleh Organisasi Energi Atom Iran.
Foto:

Dayan di segmen itu menggambarkan Cohen sebagai secara pribadi mengawasi seluruh gerakan. Dayan juga menggambarkan cara senapan mesin yang dioperasikan dari jarak jauh yang dipasang di sebuah truk pikap membunuh Fakhrizadeh dan kemudian menghancurkan dirinya sendiri.

Cohen menggambarkan upaya Israel untuk mencegah ilmuwan Iran mengambil bagian dalam program tersebut. "Mereka melihat teman-teman mereka," ujar Cohen ketika ditanya apakah para ilmuwan memahami implikasinya jika mereka tidak berhenti.

Media di Israel beroperasi di bawah kebijakan puluhan tahun yang mengharuskan jurnalis untuk menghapus cerita yang melibatkan masalah keamanan melalui sensor militer. Pernyataan Cohen tampaknya sengaja dilakukan untuk menunjukkan Israel ingin mengeluarkan peringatan baru kepada Iran di tengah negosiasi nuklir Wina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement