Selasa 15 Jun 2021 12:06 WIB

Covid-19 Varian Delta Tingkatkan Angka Masuk Rumah Sakit

Dua dosis vaksin cukup melindungi orang dari Covid-19 varian Delta

Rep: Lintar Satria / Red: Nur Aini
Pasien dibawa menuju RS Royal London, Inggris, Senin (14/6). PM Boris Johnson menunda pengumuman pelonggaran kebijakan lockdown hingga empat pekan lagi karena kenaikan kasus Covid-19 akibat varian Delta yang tinggi.
Foto:

Perlindungan terhadap varian Delta 79 persen setelah menerima dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech. Lebih rendah dibandingkan varian Alpha yang sebanyak 92 persen. Perlindungan vaksin Oxford-AstraZeneca terhadap varian Delta hanya sebesar 60 persen masih di bawah varian Alpha sebesar 73 persen.  

Para peneliti memperingatkan untuk tidak membandingkan data dua vaksin yang berbeda. Sebab kelompok tipe masyarakat yang menerima vaksin dan seberapa cepat kekebalan tubuh orang berkembang berbeda-beda.

Para pakar juga mengatakan dua dosis vaksin lebih kuat melindungi seseorang dari varian Delta dibandingkan satu dosis saja. Ditundanya pelonggaran pembatasan sosial akan membantu lebih banyak masyarakat Inggris yang menerima dosis kedua dan lebih banyak waktu bagi respon imun mereka berkembang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement