Rabu 16 Jun 2021 15:42 WIB

Prabowo Minta ASEAN-China Gelar Dialog Laut China Selatan

Prabowo juga meminta pembahasan Code of Conduct Laut China Selatan segera dilanjutkan

Red: Nur Aini
Indonesia meminta negara anggota ASEAN dan China menahan diri serta mematuhi Declaration of Conduct (DoC) dalam menyikapi isu Laut China Selatan.

Sebelumnya, pertemuan informal Menteri Pertahanan ASEAN-China merupakan pertemuan ke-12 dengan agenda membahas perkembangan kerja sama pertahanan ASEAN-China selama 30 tahun. Pertemuan dibuka oleh Second Minister of Defence, Brunei Darussalam selaku Ketua ADMM The Honourable Pehin Datu Lailaraja Major General (Retired) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof.

Kementerian Pertahanan Singapura, dalam pertemuan itu, menyatakan ASEAN-China sepakat untuk melanjutkan negosiasi Code of Conduct (COC) Laut China Selatan. Pertemuan itu juga menegaskan kembali komitmen China untuk memperkuat kerja sama pertahanan ASEAN-China di bidang seperti pertukaran think tank, kontra-terorisme.

Rencananya pertemuan Menhan ASEAN akan kembali digelar pada hari ini secara virtual. Menteri Pertahanan dari delapan negara mitra ASEAN di antaranya China, Jepang, Amerika Serikat, Rusia juga akan mengikuti pertemuan tersebut.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/prabowo-minta-asean-china-gelar-dialog-laut-china-selatan/2275341
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement