Senin 21 Jun 2021 05:10 WIB

Rakyat Brasil Turun ke Jalan Tuntut Bolsonaro Mundur

Rakyat Brasil demo saat angka kematian akibat Covid-19 mencapai setengah juta orang.

Rep: Lintar Satria/ Red: Reiny Dwinanda
 Seorang demonstran membawa poster bertuliskan dalam bahasa Portugis bertuliskan Vaksinasi Menyelamatkan Nyawa di dalam karavan sebagai protes terhadap tanggapan pemerintah dalam memerangi Covid-19 dan menuntut pemakzulan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, di Brasilia, Brasil, Sabtu, 21 Februari, 2021. Demonstrasi serupa berulang pada Sabtu (19/6).
Foto:

Beberapa di antara pengunjuk rasa mengenakan kaus atau masker dengan gambar mantan presiden dari sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva yang unggul dari Bolsonaro di sejumlah jajak pendapat. Pengunjuk rasa di Sao Paulo menerbangkan balon warna merah untuk korban virus corona.

Dalam satu pekan terakhir, lebih banyak pendukung Bolsonaro yang turun ke jalan. Sebagian karena mendukungnya untuk menolak menerapkan peraturan pembatasan sosial yang ketat dan memprotes karantina wilayah yang merugikan pengusaha.

Kritikus mengatakan, pesan-pesan Bolsonaro, seperti promosi obat-obatan tak terbukti, semacam hydroxychloroquine, turut berkontribusi mendorong lonjakan angka kematian akibat Covid-19. Program vaksinasi juga berjalan lamban, baru 11 persen lebih warganya yang sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement