Jumat 09 Jul 2021 22:54 WIB

Kasus Ekstradisi CFO Huawei Masuki Babak Penentuan

Tim pembela CFO Huawei mengungkapkan dokumen yang bisa mengubah arah kasus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
CFO Huawei Meng Wanzhou (49 tahun)
Foto:

Penangkapan Meng

Meng ditangkap di bandara Vancouver pada 1 Desember 2018, setelah tiba dengan penerbangan dari Hong Kong. Saat itu, dia dijadwalkan untuk menghadiri sebuah konferensi di negara di Amerika Selatan. Semenjak ditangkap Meng  berada dalam tahanan rumah hingga sekarang.

Meng didakwa dengan pasal penipuan dan konspirasi terkait dugaan bahwa ia menyembunyikan fakta dalam presentasi PPTnya terhadap bankir HSBC di Hong Kong pada 2013, terkait hubungan Huawei terhadap anak perusahaan bernama Skycom yang beroperasi di Iran. Meng dianggap menimbulkan risiko finansial bernilai miliaran dolar bagi bank selain melanggar kebijakan sanksi ekonomi AS.

Pengacara Meng berpendapat otoritas pemerintah Kanada dan petugas Badan Layanan Perbatasan Kanada melanggar hak konstitusionalnya pada saat penangkapannya. Alasannya adalah karena menanyai Meng tanpa pengacara dan menjalankan penyelidikan kriminal rahasia atas perintah Biro Investigasi Federal AS. Hak Meng dilanggar ketika dia ditahan selama tiga jam oleh petugas Badan Layanan perbatasan Kanada sebelum diberitahu tentang penangkapannya dan haknya untuk didampingi pengacara.

 

Huawei terus memiliki keyakinan besar bahwa Meng tidak bersalah mengingat berbagai kejanggalan seputar penangkapan Meng dan perkembangan kasus ini dari waktu ke waktu. Babak persidangan diperkirakan berlangsung hingga Agustus dan dijadwalkan hingga putusan pada Oktober atau November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement