Senin 19 Jul 2021 15:10 WIB

Emoji Semangka, Simbol Perjuangan Warganet untuk Palestina

Warganet menggunakan emoji semangka untuk menghindari penyensoran di media sosial.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pengunjuk rasa membawa bendera Palestina saat aksi damai solidaritas mendukung Palestina. Bendera Palestina yang berwarna hiaju, merah, putih, dan hitam serupa dengan buah semangka.
Foto:

Mona Shtaya, manajer advokasi lokal di 7amleh yang berbasis di Haifa, Pusat Arab untuk Kemajuan Media Sosial, mengatakan, otoritas Israel dan perusahaan media sosial berusaha untuk membungkam warga Palestina secara daring. Termasuk juga dalam berbagi cerita mengenai pelanggaran Israel.

Untuk mengakali situasi, warga Palestina menemukan cara kreatif seperti menghilangkan tanda baca, mengubah huruf dalam kata-kata, atau mencampur pernyataan politik dengan foto pribadi. Ini ditujukan untuk mengatasi dan bermain dengan algoritme untuk mencegah postingan dihapus, disensor, maupun ditandai.

Saat menulis syahid, misalnya, pengguna dalam bahasa Arab memasukkan ‘h”;sebagai pengganti huruf Arab yang sesuai untuk mencoba menghindari kecerdasan buatan yang mencari unggahan dengan kata tersebut. Dalam tren lain, pengguna dalam bahasa Inggris menggunakan ejaan Palestina sebagai ‘P@lestine’.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement