Jumat 30 Jul 2021 09:32 WIB

Kebakaran Hutan Besar di Selatan Turki Tewaskan 3 Orang

Kebakaran hutan meletus di 4 area berbeda di distrik Manavgat Antalya

Red: Nur Aini
Kebakaran hutan besar-besaran di Antalya, kota pesisir Mediterania Turki, telah menewaskan sedikitnya tiga orang, kata pihak berwenang pada Kamis (29/7).

Pakdemirli mengatakan seorang pria berusia 82 tahun, yang tinggal sendirian di rumah, meninggal saat upaya evakuasi sedang berlangsung di desa Kepezbeleni, Akseki. Dia mengimbau masyarakat untuk memedulikan peringatan resmi.

"Perjuangan kami untuk mengendalikan api terus berlanjut. Tentu saja, kami akan mengendalikannya. Namun, ini mungkin memakan waktu lama, dan pemerintah ada di sini dengan semua institusinya," kata dia.

Pakdemirli juga mengatakan bahwa 202 rumah telah dievakuasi di provinsi selatan Mersin karena kebakaran hutan di distrik Aydincik sejak Rabu, dia menambahkan bahwa situasi mengenai kebakaran itu "berkembang ke arah yang positif" karena upaya pemadaman.

Pakdemirli mengatakan upaya pengendalian 10 titik api terus dilakukan dengan 4.000 personel, tiga pesawat, 38 helikopter, dan 472 mobil tank air.

Kementerian Pertanian dan Kehutanan juga menggunakan helikopter tanpa awak untuk memadamkan api di Manavgat. Helikopter, yang dilengkapi dengan kamera dan sensor termal beresolusi tinggi, dapat bertahan di udara hingga delapan jam.

"Investigasi terkait penyebab kebakaran sedang dilakukan oleh penegak hukum dan otoritas peradilan yang relevan," kata Pakdemirli.

Investigasi berlanjut

Pakdemirli dan Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu memeriksa area kebakaran, yang dimulai di empat titik berbeda di Manavgat sebelum menyebar.

“Harapan kami adalah bahwa kebakaran baik di Manavgat dan di berbagai bagian Turki dikendalikan dan dipadamkan,” kata Cavusoglu.

Dia juga mengatakan bahwa penyelidikan penyebab kebakaran sedang dilakukan atas instruksi Presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Kami juga telah mengalokasikan asrama dengan kapasitas 720 orang di Manavgat. Tadi malam, 90 orang tinggal di asrama ini. Kebanyakan orang tinggal bersama kerabat dan teman," kata Cavusoglu.

Dia mencatat bahwa Bulan Sabit Merah Turki sudah menyajikan kebutuhan makanan di enam titik dan jaringan komunikasi telah dibentuk dengan pejabat setempat untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti pakaian.

"Semua sarana negara telah dikerahkan untuk Antalya dan Manavgat kami. Semua tim kami ada di lapangan," kata Menteri Lingkungan dan Urbanisasi Murat Kurum.

"Kami juga akan memulai proses pembangunan tempat tinggal permanen untuk menyembuhkan luka warga kami dengan cepat," kata Kurum.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/kebakaran-hutan-besar-di-selatan-turki-tewaskan-3-orang/2318697
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement