Ahad 01 Aug 2021 08:05 WIB

Hamas Kritik AS yang Terus Beri Dukungan Militer ke Israel

Kesepakatan pembelian senjata mendorong Israel untuk menindas Palestina

Red: Nur Aini
Kelompok perlawanan Palestina Hamas pada Sabtu (31/7) mengecam Amerika Serikat (AS) karena terus memberikan dukungan militer kepada Israel sehubungan dengan kesepakatan senjata yang baru antara kedua negara sekutu itu.

Pada bulan Mei, Washington Post melaporkan bahwa pemerintahan Biden telah menyetujui penjualan senjata senilai 735 juta dolar AS ke Israel ketika Tel Aviv melakukan serangannya di Jalur Gaza. Langkah itu menimbulkan oposisi di antara beberapa anggota Partai Demokrat Presiden AS Joe Biden, termasuk anggota Kongres Ilhan Omar yang menggambarkan kesepakatan itu sebagai "mengerikan" jika dilaksanakan.

“Jika ini (kesepakatan senjata) berjalan, ini akan dilihat sebagai lampu hijau untuk eskalasi lanjutan dan akan melemahkan upaya untuk menengahi gencatan senjata,” kata Omar pada saat perang 11 hari Israel di Gaza sedang berlangsung.

Setidaknya 260 warga Palestina tewas dan ribuan lainnya terluka dalam 11 hari serangan udara Israel di Jalur Gaza pada awal Mei. Perang itu dipicu oleh keputusan pengadilan Israel untuk mengusir keluarga Palestina dari rumah mereka di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur yang diduduki.

Tiga belas warga Israel juga tewas oleh tembakan roket Palestina dari Gaza. Kekerasan terhenti di bawah gencatan senjata yang ditengahi Mesir yang mulai berlaku pada 21 Mei.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/hamas-kritik-amerika-serikat-yang-terus-berikan-dukungan-militer-ke-israel/2320578
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement