Kamis 12 Aug 2021 14:45 WIB

Taliban Bisa Rebut Kabul dalam Waktu 90 Hari

Menurut pejabat AS, Taliban dapat merebut ibu kota Afghanistan dalam 90 hari

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Milisi Taliban berdiri di titik pemeriksaan Kota Farah, ibu kota Provinsi Farah, sebelah barat daya Kabul, Afghanistan pada 11 Agustus 2021. Menurut pejabat AS, Taliban dapat merebut Kabul dalam 90 hari.
Foto:

Pembicaraan Damai

Lepasnya Faizabad ke tangan Taliban merupakan kemunduran terbaru bagi pemerintahan Presiden Ashraf Ghani. Ia terbang ke Mazar-i-Sharif untuk mengumpulkan panglima perang untuk mempertahankan kota terbesar di utara itu saat pasukan Taliban semakin mendekat.

Selama bertahun-tahun, Ghani mengesampingkan para panglima perang saat dia mencoba memproyeksikan otoritas pemerintah pusatnya atas provinsi-provinsi yang bandel. Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Selasa bahwa dia tidak menyesali keputusannya untuk menarik mundur pasukan AS dari Afghanistandan mendesak para pemimpin Afghanistan untuk memperjuangkan tanah air mereka.

Washington telah menghabiskan lebih dari 1 triliun dolar AS selama 20 tahun dan kehilangan ribuan tentara AS. Washington terus memberikan dukungan serangan udara, makanan, peralatan, dan gaji yang signifikan kepada pasukan Afghanistan, katanya.

"Afghanistan perlu menentukan apakah mereka memiliki kemauan politik untuk melawan dan apakah mereka memiliki kemampuan untuk bersatu," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement