Ahad 15 Aug 2021 16:44 WIB

Taliban Dekati Kabul, Kemenlu RI Siapkan Langkah Antisipasi

Taliban mulai memasuki pinggiran ibu kota Afghanistan, Kabul, Ahad (15/8).

Rep: Fergie Nadira/ Red: Agung Sasongko
Keluarga pengungsi internal dari provinsi utara, yang melarikan diri dari rumah mereka karena pertempuran antara Taliban dan pasukan keamanan Afghanistan, berlindung di sebuah taman umum di Kabul, Afghanistan, 14 Agustus (dikeluarkan 15 Agustus).
Foto:

Menurut Faiza, sejauh ni ada enam WNI di negara tersebut. Sementara staf KBRI di Kabul berjumlah 18 orang termasuk Duta Besar (Dubes) RI untuk Kabul Arif Rahman. Dubes RI belum memberikan respons terkini terkait kondisi Kabul dan Afghanistan secara keseluruhan maupun WNI ketika diminta komentar melalui WhatsApp maupun telepon.

Tiga pejabat Afghanistan mengatakan, bahwa Taliban berada di distrik Kalakan, Qarabagh dan Paghman di ibu kota. Para militan kemudian berjanji untuk tidak merebut Kabul dengan paksa karena tembakan sporadis terdengar di ibu kota.

"Tidak ada nyawa, harta benda, dan martabat yang akan dirugikan dan nyawa warga Kabul tidak akan terancam," kata Taliban.

Kecepatan serangan Taliban yang sangat cepat telah mengejutkan dunia dan menimbulkan pertanyaan tentang mengapa pasukan Afghanistan hancur meskipun AS melatih pasukan di sana bertahun-tahun dan miliaran dolar dihabiskan.

Beberapa hari yang lalu, penilaian militer Amerika memperkirakan Taliban dapat mengepung Kabul dalam 30 hari dan kemungkinan merebut kota tersebut dalam 90 hari.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement