Ahad 26 Sep 2021 15:43 WIB

Produsen Diuntungkan dengan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Keuntuan miliaran dolar AS akan didapat produsen dari dosis ketiga vaksin Covid-19

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto:

Perusahaan-perusahaan itu juga mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang disuntik vaksin dari perusahaan lain. Inggris berencana menawarkan vaksin booster pada siapa pun yang berusia di atas 50 tahun dan orang yang rentan terhadap penularan Covid-19.

Kelompok pakar Inggris merekomendasikan agar vaksin dosis ketiga menggunakan vaksin dari Pfizer dan BioNTech, lalu vaksin Moderna sebagai alternatifnya. Andersen memprediksi bila program vaksin booster tersebut disetujui maka, Moderna yang tidak memiliki produk lain di pasaran akan mendapatkan profit sebesar 13 miliar dolar AS tahun depan.

Keuntungan dari vaksin untuk Pfizer lebih sulit untuk diprediksi. Tapi pemimpin-pemimpin perusahaan tersebut mengatakan mereka berharap keuntungan sebelum pajak dari vaksin naik di atas '20-an' persen. Berdasarkan prediksi penjualan Andersen maka artinya perusahaan itu mendapat keuntungan 7 miliar dolar AS lebih tinggi dari tahun lalu.

Sementara, Johnson & Johnson dan perusahaan farmasi Eropa, AstraZeneca mengatakan mereka tidak berniat mendapatkan profit dari vaksin Covid-19 selama pandemi. Bagi Pfizer dan Moderna, keuntungan dari vaksin booster lebih tinggi dari dosis pertama dan kedua. Sebab mereka tidak perlu menghabiskan banyak biaya penelitian dan pengembangan seperti yang dilakukan di dua dosis awal. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement