Senin 04 Oct 2021 16:50 WIB

Pandora Papers Bongkar Kekayaan Rahasia Para Pemimpin Dunia

Pandora Papers mengungkap bagaimana para pemimpin negara mengakali pajak

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
,Mantan perdana menteri Inggris Tony Blair ada dalam data Pandora Papers. Pandora Papers mengungkap bagaimana para pemimpin negara mengakali pajak. Ilustrasi.
Foto:

Bagi Maira Martini, seorang ahli kebijakan di Transparency International, penyelidikan terbaru sekali lagi menawarkan bukti yang jelas tentang bagaimana industri cangkang mendorong korupsi dan kejahatan keuangan, sambil menghalangi keadilan. "Model bisnis ini tidak bisa berjalan terus," katanya.

Di antara pengungkapan lain dari investigasi ICIJ ada mantan perdana menteri Inggris Tony Blair, yang kritis terhadap celah pajak, terbukti secara hukum menghindari membayar bea materai atas properti jutaan pound di London. Dia dan istrinya Cherie membeli perusahaan cangkang.

Ada anggota lingkaran dalam Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, termasuk menteri kabinet dan keluarga mereka, dikatakan diam-diam memiliki perusahaan dan perwalian yang memegang jutaan dolar. Dalam serangkaian cuitan di Twitter, Khan bersumpah untuk mengambil tindakan yang tepat jika ada kesalahan yang dilakukan oleh warga Pakistan.

Vladimir Putin tidak disebutkan secara langsung dalam file tersebut, tetapi ia dihubungkan melalui rekanan ke aset rahasia di Monako, terutama rumah tepi laut yang diperoleh oleh seorang wanita Rusia yang diyakini memiliki anak dengan pemimpin Rusia. Presiden Kenya Uhuru Kenyatta yang telah berkampanye melawan korupsi dan untuk transparansi keuangan dituduh bersama dengan beberapa anggota keluarga secara diam-diam memiliki jaringan perusahaan cangkang.

Selain politisi, tokoh masyarakat yang diekspos termasuk penyanyi Kolombia Shakira, supermodel Jerman Claudia Schiffer, dan legenda cricket India Sachin Tendulkar. Perwakilan dari ketiganya mengatakan kepada ICIJ bahwa investasi itu sah dan ditolak untuk penghindaran pajak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement