Ahad 24 Oct 2021 17:37 WIB

Srikandi Melawan Lahapan Api California

Meglan Enz berusia 10 tahun ketika terjadi kebakaran besar di California.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Kebakaran Besar California (ilustrasi)
Foto:

Dari wanita pemadam kebakaran yang ditemuinya saat berusia 10 tahun tertanam dalam benaknya untuk menjadi seorang wanita yang berjibaku melawan api. Enz kini berada di tahun ketiganya dengan CAL FIRE (Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California).

Sementara statistik tentang jumlah wanita di CAL FIRE hanya berasal dari 2019, mereka menyumbang sekitar 5,5 persen dari sekitar 8.300 tenaga kerja. Pekerjaan itu berat bagi siapa saja baik laki-laki atau perempuan.

Memerangi kebakaran hutan membutuhkan kekuatan fisik dan psikologis, serta stamina untuk mempertahankan shift kerja 24 jam, dan 24 jam non aktif selama puncak musim kebakaran. Perubahan iklim pun telah menciptakan kondisi yang semakin kering.

Fenomena kekeringan di seluruh California telah menyebabkan peningkatan intensitas dan lamanya waktu kebakaran mengamuk di seluruh negara bagian. Kini musim kebakaran berlangsung selama 10 bulan dalam setahun. angka ini naik dari tiga bulan satu dekade lalu dengan deteksi api yang sesekali meletus bahkan pada Desember dan Januari.

Enz hanyalah satu dari petugas pemadam kebakaran wanita di CAL FIRE yang menghabiskan hari-hari mereka memadamkan api yang dapat tumbuh dari percikan api menjadi lautan di sepanjang ngarai dan punggung bukit yang membentang dari Hutan Nasional Lassen hingga Cekungan Danau Tahoe. Ketika Enz mengingat kembali interaksinya saat kecil dengan petugas pemadam kebakaran yang keluar dari rumah neneknya, dia menyadari bahwa momen itu selalu terpatri di kehidupannya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement