Senin 25 Oct 2021 12:32 WIB

Bakteri Mematikan Ditemukan di Semprotan Aromaterapi Walmart

Bakteri mematikan ini biasa hidup di iklim tropis.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Bakteri
Foto:

 

Atas adanya temuan tersebut, Walmart telah menarik hampir 4.000 botol dari lini produk semprotan aromaterapi ini, dalam enam aroma berbeda. Menurut laporan, produk ini dibuat di India dan dikemas dalam botol kaca, di bawah merek Better Homes & Gardens.

Bagi orang-orang yang sudah membeli produk Better Homes & Gardens Aromatherapy di Walmart diminta untuk mengikuti instruksi CDC tentang cara menangani dan mengembalikan produk. Mereka tidak boleh membuang begitu saja, namun harus meletakkan ke dalam kantong plastik bening dengan zip-top (resleting), kemudian menempatkannya di kotak kardus kecil, sebelum membawanya ke toko. 

Bagi orang-orang yang sudah membeli produk tersebut juga harus mencuci seprai atau kain apapun yang mungkin terkena semprotan dan mengeringkannya dalam pengering panas. Mereka juga diminta membersihkan permukaan benda yang terkena semprotan aromaterapi itu dengan pembersih disinfektan murni.

CDC mengatakan orang-orang harus membatasi seberapa banyak mereka menangani produk-produk tersebut. Mereka juga diminta mencuci tangan dengan bersih setelah menyentuhnya.

Melioidosis dapat menyebabkan berbagai gejala. Dalam kasus saat ini, yang terjadi di Georgia, Kansas, Texas dan Minnesota, gejalanya berkisar dari batuk dan sesak napas hingga merasa kelelahan, mual, muntah, demam, lemas, dan ruam di badan, perut dan wajah. 

Orang yang telah menggunakan produk dalam 21 hari terakhir dan memiliki gejala melioidosis harus mencari perawatan medis dan memberi tahu dokter bahwa mereka terkena semprotan tersebut. Dokter juga dapat merekomendasikan orang yang menggunakan produk tetapi tidak memiliki gejala untuk menggunakan antibiotik untuk mencegah infeksi berkembang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement