Jumat 05 Nov 2021 17:03 WIB

Abdullah Hammoud, dari Pekerja Miskin ke Kursi Wali Kota

Abdullah Hammoud lahir dari keluarga imigran miskin menorehkan sejarah di Michigan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Abdullah Hammoud yang lahir di keluarga imigran miskin telah menorehkan sejarah di Michigan dengan menjadi wali kota Arab-Muslim pertama di Dearborn.
Foto:

Pada 2014, Hammoud sempat bekerja beberapa tahun di Health Alliance Plan. Ia menjadi konsultan intelijen senior. Dia pun pernah bekerja di Blue Care Network of Michigan sebagai analis.

Pada Oktober 2015, kakak Hammoud yakni Ali Hussein Hammoud meninggal mendadak karena kejang pada usia 28 tahun. Singkat cerita, insiden itu yang mendorong Hammoud meninggalkan dunia korporat dan terjun ke politik.

Pada 2016, Hammoud berhasil memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat untuk mewakili Dearborn di House of Representatives. Keberhasilan itu dilihat sebagai kemenangan besar bagi komunitas Arab-Amerika yang terus berkembang di Dearborn.

Hammoud terpilih kembali pada 2018 dan 2020. Dia pun memutuskan terjun dalam pemilihan wali kota Dearborn yang digelar pada Selasa (2/11) lalu. Lawannya adalah politikus senior Gary Woronchak. Setelah meraup dukungan besar dari komunitas Arab-Amerika di Dearborn, Hammoud berhasil memenangkan pemilu tersebut dengan raihan 55 persen suara.

"Kepada para pemudi-pemuda yang pernah diejek karena keyakinan atau etnis mereka, kepada Anda yang pernah dibuat merasa bahwa nama mereka tidak disukai, dan kepada orang tua kita serta orang lain yang dipermalukan karena bahasa Inggris tak fasih tapi masih bertahan; hari ini adalah bukti bahwa Anda adalah warga Amerika seperti orang lain," kata Hammoud dalam pidatonya, dikutip Aljazirah, Rabu (3/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement