Selasa 16 Nov 2021 17:51 WIB

Singapura Memperluas Jalur Perjalanan Vaksinasi

Singapura perluas jalur perjalanan vaksinasi dengan Indonesia, India, hingga Qatar

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Bandara Changi Singapura. Singapura perluas jalur perjalanan vaksinasi dengan Indonesia, India, hingga Qatar.
Foto:

Pengunjung dari India dan Indonesia dapat mengajukan izin kunjungan jangka pendek dan panjang pada 22 November. Sementara dari Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab dapat mengajukannya pada 29 November.

Warga dan Pemukim Tetap Singapura yang sudah divaksin lengkap tidak perlu mengajukan izin jika mereka melakukan perjalanan melalui VTL. "Wisatawan yang ingin melakukan perjalanan dari Singapura ke negara/kawasan ini disarankan memeriksa persyaratan masuk ke destinasi tersebut," kata Kementerian Kesehatan Singapura dalam siaran persnya.

Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung mengatakan Singapura akan terus memantau situasi di seluruh bagian di dunia. Singapura akan memastikan pembukaan perbatasan tidak menimbulkan beban pada sistem kesehatan.

Ong mencatat lonjakan kasus infeksi di Eropa.Menurutnya lonjakan kasus infeksi di berbagai negara termasuk Eropa sebanding dengan Singapura. Terutama dengan Belanda salah satu rekan VTL Singapura.

Saat ini Belanda mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang 'sedikit lebih tinggi' dari Singapura meski baru-baru ini pemerintah Belanda mengumumkan peraturan pembatasan sosial yang baru. Ong mengatakan gugus tugas Covid-19 Singapura tidak mengira keputusan itu 'perlu' membatalkan VTL atau mengurangi kuotanya.

"Bagian kasus-kasus dari luar negeri atau kasus impor masih sangat kecil dari total kasus di masyarakat dan tidak berdampak besar pada penularan lokal. Selain itu hanya ada enam penerbangan per pekan dari Belanda dan terpenting pelancong VTL sudah divaksin lengkap dan dites sebelum berangkat dan saat tiba," kata Ong.

"Karena itu tidak mungkin melanjutkan VTL akan menambah beban pada sistem rumah sakit dan sistem perawatan kesehatan kami," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement