Kamis 02 Dec 2021 19:40 WIB

Remaja Michigan Didakwa dengan Pembunuhan Hingga Terorisme

Ethan Crumbley melakukan aksi penembakan massal di sekolahnya di Michigan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Police line
Foto:

Crumbley muncul di persidangan pada Rabu (1/12). Dalam persidangan tersebut, Hakim Nancy Carniak memutuskan tersangka ditahan tanpa ikatan di Penjara Oakland County.

Sheriff Oakland County, Tim Willis mengatakan kepada hakim bahwa, Crumbley merekam video yang membahas rencana pembunuhan para siswa di sekolahnya pada malam sebelum penembakan. Willis juga menemukan jurnal yang berisi rincian rencana Crumbley dalam melakukan aksi penembakan. “Selanjutnya, sebuah jurnal ditemukan dari ransel Ethan yang merinci keinginannya untuk menembak sekolah termasuk membunuh siswa,” kata Willis.

Crumbley melepaskan tembakan ke Oxford High School dengan pistol semi-otomatis, yang dibeli oleh ayahnya empat hari sebelumnya. Crumbley melakukan aksinya pada Selasa, setelah keluar dari kamar kecil sebelum pukul 13.00 siang waktu setempat.

Sebelumnya, Sheriff Mike Bouchard mengatakan, orang tua Crumbley dipanggil ke sekolah pada Selasa (30/11) untuk membicarakan perilaku putranya yang mengkhawatirkan. Crumbley tetap berada di sekolah, dan penembakan terjadi beberapa jam kemudian.

"Isi pertemuan itu, jelas, adalah bagian dari penyelidikan, tetapi kami tidak mengetahui pertemuan itu atau isi pertemuan itu sampai setelah penembakan dan selama penyelidikan ini," kata Bouchard.

Bouchard mengatakan, Crumbley tampaknya tidak menargetkan orang tertentu selama penembakan tersebut. Tiga siswa yang tewas terkena tembakan di antaranya Tate Myre (16 tahun), Hanna St. Julian (14 tahun), dan Madisyn Baldwin (17 tahun). Kemudian Justin Shilling (17 tahun) tewas pada Rabu, sehari setelah penembakan.

Dari enam siswa dan satu guru yang terluka, tiga siswa masih dirawat di rumah sakit pada Rabu sore. Seorang gadis berusia 17 tahun dalam kondisi kritis dengan luka tembak di dada. Sementara  empat orang lainnya, termasuk guru, telah dipulangkan dari runah sakit.

Bouchard mengatakan penyelidik belum menentukan motif penembakan itu. Dia menambahkan bahwa, tidak ada bukti bahwa Crumbley telah diganggu. Crumbley juga tidak melawan ketika ditangkap.

sumber : A{/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement