Selasa 21 Dec 2021 12:00 WIB

PM Inggris Bantah Gelar Pesta Saat Lockdown

Beredar foto Johnson dan belasan orang lain sedang minum wine di Downing Street.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
 Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara pada konferensi pers di Downing Street London, Rabu 8 Desember 2021, setelah para menteri bertemu untuk mempertimbangkan penerapan pembatasan baru sebagai tanggapan atas meningkatnya kasus dan penyebaran varian omicron.
Foto:

Guardian mengatakan, foto itu diberikan ke surat kabar tersebut setelah kantor Johnson pekan lalu membantah telah menggelar acara sosial di tengah lockdown. Kantor perdana meteri mengatakan, staf Downing Street bekerja pada sore dan malam hari.

Pada hari itu, Menteri Kesehatan Matt Hancock telah memberikan konferensi pers yang mendesak orang-orang untuk mematuhi aturan penguncian. Ketika itu, Hancock mengimbau warga Inggris agar tidak keluar rumah selama akhir pekan, dan bersosialisasi dalam kerumunan.

Partai Buruh yang merupakan oposisi mengatakan, foto itu adalah bukti lebih lanjut bahwa Johnson dan stafnya tidak menganggap serius pembatasan yang telah mereka terapkan pada orang lain.

“Tanyakan pada diri sendiri, apakah itu rapat kerja?  Atau itu acara sosial?  Dan saya pikir jawabannya cukup jelas,” kata Pemimpin Partai Buruh, Keir Starmer kepada wartawan.

Johnson telah dilanda serangkaian berita media dalam beberapa pekan terakhir atas dugaan pesta Natal di kantor-kantor pemerintah, termasuk di kediamannya sendiri. Acara pesta itu digelar tahun lalu bertepatan dengan penguncian atau lockdown untuk menekan penyebaran kasus Covid-19.

Menteri Brexit David Frost mengundurkan diri pada Sabtu (18/12), karena kekecewaan dengan arahan pemerintah. Berbicara kepada wartawan pada Senin (20/12), dia mengutip penentangannya terhadap kebijakan koersif tentang Covid-19.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement