Senin 10 Jan 2022 18:44 WIB

Taliban Ucapkan Terima Kasih untuk Indonesia

Interaksi Indonesia dengan Taliban bukan berarti sebagai bentuk pengakuan.

Dua pesawat yang mengangkut bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Afghanistan tiba di bandara internasional Hamid Karzai, Kabul.
Foto:

Retno mengungkapkan, pesawat tersebut berisi kebutuhan makanan dan nutrisi yang diperlukan rakyat Afghanistan saat ini. “Dalam mempersiapkan bantuan kemanusiaan ini, Indonesia terus melakukan koordinasi dengan badan-badan PBB yang berada di lapangan, khusus World Food Program (WFO),” ucapnya. 

Retno menjelaskan, saat ini terdapat 23 juta penduduk Afghanistan yang terancam kelaparan. Jumlah tersebut melebihi separuh total populasi negara tersebut. Selain itu, lebih dari 3 jura anak-anak di sana turut terancam malnutrisi.

“WFP mengatakan, Afghanistan menjadi ‘krisis kemanusiaan terbesar di dunia’,” ujarnya.

Ia menilai, tanpa dukungan masyarakat internasional, situasi kemanusiaan di Afghanistan akan semakin berat. Hal itu pun dapat berdampak pada stabilitas Afghanistan secara keseluruhan. “Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan,” kata Retno.

Selain bantuan kemanusiaan jangka pendek, Indonesia juga tengah mempersiapkan bantuan jangka panjang, seperti di bidang pendidikan dan pemberian kapasitas, terutama untuk kaum perempuan Afghanistan. Retno mengungkapkan, dalam waktu dekat, kerja sama pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan akan dia bahas bersama Qatar dan perwakilan dari Afghanistan.   “Indonesia ingin melihat rakyat Afghanistan, termasuk kaum perempuan Afghanistan dapat hidup damai, stabil, dan sejahtera."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement