Selasa 25 Jan 2022 17:25 WIB

Warga Dewasa Israel Bisa Jadi Bakal Dapat Dosis Ke-4 Vaksin Covid-19

Israel sedang mempertimbangkan pemberian dosis keempat vaksin Covid-19 bagi warganya.

Seorang lansia menerima vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech keempat di sebuah panti jompo swasta di Netanya, Israel, Rabu, 5 Januari 2022. Israel sedang mempertimbangkan pemberian vaksin dosis keempat untuk warga usia dewasa.
Foto:

Kementerian juga mengatakan, dosis keempat atau booster kedua vaksin Covid-19 membuat orang berusia di atas 60 tahun dua kali lebih tahan terhadap infeksi virus corona tipe baru (SARS-CoV-2). Ini juga dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok usia yang menerima tiga suntikan vaksin.

Sebelumnya sebuah, studi pendahuluan yang diterbitkan oleh pusat medis Sheba Israel pada Senin pekan lalu menemukan bahwa suntikan keempat meningkatkan antibodi ke tingkat yang lebih tinggi daripada yang ketiga. Namun, booster kedua mungkin tidak sampai pada titik yang dapat sepenuhnya menangkis SARS-CoV-2 varian omicron yang sangat menular.

Israel mulai menawarkan dosis keempat vaksin Pfizer/BioNtech kepada penduduk di atas 60 tahun awal bulan ini. Hal ini dilakukan saat omicron melanda negara itu.

Seperti negara-negara lain, Israel telah mengalami peningkatan kasus Covid-19 akibat varian omicron. Akan tetapi, tidak ada laporan kematian akibat infeksi varian tersebut.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement