Sabtu 05 Feb 2022 06:40 WIB

Rusia Bantah Produksi Film Rekaan untuk Jadi Dalih Serang Ukraina

AS klaim punya bukti Rusia akan bikin film rekaan diserang Ukraina buat serang balik.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Tentara Rusia mengikuti latihan militer di Yurginsky di wilayah Kemerovo, Rusia, di tengah ketegangan dengan Barat atas Ukraina, Rabu, 2 Februari 2022. Amerika Serikat tuduh Rusia siapkan film rekaan yang menggambarkan negaranya seolah-olah diserang Ukraina. Film fabrikasi itu akan dijadikan dalih untuk serang Ukraina, menurut Pentagon.
Foto:

Pada Kamis (3/2/2022) lalu, Pentagon mengklaim memiliki bukti rencana Rusia memfilmkan serangan palsu Ukraina terhadapnya. Produksi film itu bertujuan membenarkan langkah Moskow melancarkan agresi terhadap negara tetangganya tersebut.

Saat ini, ketegangan tengah membekap perbatasan Rusia-Ukraina. Moskow dilaporkan telah mengerahkan lebih dari 100 ribu tentaranya ke dekat garis perbatasan. AS dan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menuding Rusia memiliki intensi untuk menyerang Kiev. Namun, Rusia membantah tuduhan itu.

AS dan NATO telah menyatakan dukungannya terhadap Ukraina. Kiev sebenarnya bukan anggota NATO. AS telah mengumumkan akan mengerahkan 3.000 tentaranya ke Eropa Timur. Menurut Rusia, langkah Washington tersebut tidak ditujukan untuk meredakan ketegangan, tapi sebaliknya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement