Jumat 04 Mar 2022 07:20 WIB

WHO: Gelombang Dua Pengungsi Ukraina Berisi Kelompok yang Rentan Secara Kesehatan-Ekonomi

Gelombang pertama pengungsi Ukraina cenderung punya sumber daya lebih baik.

Pengungsi dari Ukraina berkumpul di dekat perbatasan Polandia-Ukraina di Hrebenne, Polandia tenggara, 3 Maret 2022. WHO memperkirakan gelombang dua pengungsi Ukraina adalah kelompok rentan secara kesehatan dan ekonomi.
Foto:

Menurut Kluge, banyak pengungsi di gelombang pertama adalah orang-orang yang memiliki kemampuan finansial. Selain itu, pengungsi kebanyakan juga punya hubungan keluarga atau pertemanan dengan warga Polandia atau di tempat lain.

Sementara itu, menurut Kluge, ketika pertempuran semakin intensif, warga Ukraina dengan sumber daya yang lebih sedikit dan kesehatan yang lebih buruk akan dipaksa untuk melakukan perjalanan berbahaya ke perbatasan. Mereka akan membutuhkan lebih banyak dukungan.

"Pengungsi gelombang dua tetap berada di belakang berisiko kekurangan pasokan medis dan perawatan darurat," katanya.

Bantuan WHO, yang dikirim ke Polandia pada Kamis, akan dipindahkan ke kota Lviv di Ukraina terlebih dahulu dan kemudian ke daerah konflik mulai Jumat (4/3/2022). Bantuan tersebut termasuk peranti mengatasi trauma untuk 1.000 orang serta perawatan medis lain untuk 150 ribu orang, seperti obat kanker dan insulin untuk pengidap diabetes.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement