Kamis 10 Mar 2022 20:17 WIB

AS Puji Polandia Tampung 1 Juta Pengungsi Ukraina

Lebih dari dua juta warga Ukraina mengungsi, satu juta di antaranya ke Polandia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
 Presiden Polandia Andrzej Duda (kanan) dan Wakil Presiden AS Kamala Harris mengadakan konferensi pers di Istana Belwelder, di Warsawa, Polandia, Kamis (10/3/2022). Harris mengapresiasi Polandia yang telah menampung pengungsi Ukraina di tengah invasi Rusia.
Foto:

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin telah melakukan percakapan via telepon dengan Menhan Polandia Mariusz Blaszczak pada Rabu (9/3/2022) pagi. Pada kesempatan itu, Lloyd mengucapkan terima kasih atas kesediaan Warsawa untuk bekerja sama dalam membantu Ukraina.

"Tapi dia (Lloyd) menekankan bahwa kami tidak mendukung transfer pesawat tempur tambahan ke Angkatan Udara Ukraina saat ini, dan karena itu tidak memiliki keinginan untuk melihat mereka dalam penjagaan kami juga," kata Kirby.

Kirby mengungkapkan, komunitas intelijen telah menilai bahwa pengiriman jet MiG-29 ke Ukraina mungkin dapat memicu reaksi signifikan dari Rusia. Hal itu pada akhirnya meningkatkan prospek eskalasi militer dengan aliansi Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

"Oleh sebab itu, kami menilai pengiriman MiG-29 ke Ukraina berisiko tinggi," ujarnya.

Kirby mengatakan, cara terbaik untuk mendukung pertahanan Ukraina adalah dengan menyediakan senjata yang paling mereka butuhkan, terutama sistem pertahanan udara. "Kami bersama dengan negara-negara lain terus mengirimi mereka senjata-senjata ini dan kami tahu bahwa mereka digunakan dengan efek yang besar," ucapnya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement