Sabtu 19 Mar 2022 09:24 WIB

Zelenskyy: Waktunya Telah Tiba untuk Perundingan yang Bermakna dengan Moskow

Zelenskyy ingin ada perundingan yang bermakna dan jujur dengan Moskow.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebut sudah tiba waktunya untuk pertemuan dengan Rusia untuk membahas perundingan tentang perdamaian dan keamanan.
Foto:

Zelenskyy mengatakan, tidak ada informasi tentang berapa banyak orang yang tewas setelah sebuah gedung teater di kota Mariupol, tempat ratusan orang berlindung, diserang pada Rabu (16/3/2022). Ia menyebut, lebih dari 130 orang telah diselamatkan sejauh ini.

Sementara itu, sejumlah pengungsi Ukraina menyelamatkan diri ke negara-negara tetangga di Eropa, seperti Polandia, Slovakia, dan Rumania. Sedangkan pengungsi lainnya mengarah ke bagian barat untuk menghindari invasi Rusia.

photo
Jalan Tengah RI di Perang Rusia-Ukraina - (Republika)

Pusat penerimaan pengungsi diketahui berisiko besar menjadi sarang wabah penyakit. ECDC mengatakan, negara-negara harus melakukan tes Covid-19 di pusat-pusat pengungsian. Mereka juga harus berupaya mengisolasi orang yang menunjukkan gejala Covid-19.

Data-data yang memperlihatkan peningkatan kasus Covid-19 global dapat mengindikasikan satu masalah yang jauh lebih besar saat sejumlah negara juga melaporkan penurunan tingkat tes Covid-19, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa. Badan PBB itu juga memperingatkan negara-negara agar tetap waspada terhadap penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

 

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement