Ahad 01 May 2022 08:22 WIB

Iran Klaim Sukses Jalankan Misi Drone di Israel

41 pesawat tempur Israel gagal mencegat dua drone Iran yang menjalankan misi tersebut

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Drone Iran. ilustrasi
Foto:

Beberapa media Israel mengatakan, Yordania tidak mau mengakui peran formal seperti itu untuk Israel. Yordania memiliki hak asuh atas situs-situs Muslim dan Kristen. Yordania mengatakan, sejak tahun 2000 Israel telah merusak tradisi berabad-abad di mana non-Muslim tidak beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Yordania mengatakan kepada Washington bahwa, Israel harus mengakhiri pembatasan staf administrasi Wakaf agama Yordania. Israel perlu menyerahkan pengaturan semua kunjungan oleh non-Muslim kepada administrasi Wakaf.

Israel membantah tuduhan Yordania dan negara-negara Arab bahwa mereka mencoba mengubah status quo tempat-tempat suci Muslim di Kota Tua Yerusalem. Israel juga mengatakan, mereka memberlakukan aturan dan larangan bagi non-Muslim untuk beribadah di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Yordania mengatakan, Israel membatasi akses jamaah Muslim dan tidak menahan nasionalis sayap kanan Yahudi yang ritualnya melanggar status quo dan menodai tempat suci. "Yordania melanjutkan kontak langsung dengan Israel dan Washington, termasuk pihak internasional lainnya untuk menuntut agar Israel menghormati situasi bersejarah yang ada sebelum tahun 2000," kata seorang pejabat Yordania lainnya.

Pada Jumat (22/4/2022), Israel melarang kunjungan non-Muslim hingga akhir Ramadhan. Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, mengatakan, ini adalah langkah baik untuk menghormati status quo dan meredakan ketegangan serta memulihkan ketenangan.

 

 

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement