Ahad 01 May 2022 17:09 WIB

Kasus Baru Covid-19 Melonjak, Taiwan: Kebijakan Kami tidak akan Sekejam China

Respons kenaikan kasus Covid, Taiwan sebut tak mau terapkan lockdown seperti China.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
 Warga Taipe tampak memakai masker untuk melindungi diri dari penyebaran SARS-CoV-2 di tengah peningkatan kasus Covid-19 di Taiwan, Sabtu, 30 April 2022. Taiwan memastikan tidak akan menerapkan lockdown untuk penanganan Covid-19 saat ini.
Foto:

Pekan lalu, Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung memperingatkan bahwa angka kasus harian di sana bisa mencapai lebih dari dua kali lipat menjadi 37 ribu dalam sepekan. Namun, menurut Kementerian Kesehatan Taiwan, lebih dari 99,7 persen dari 89.990 kasus Covid-19 yang tercatat sejak 1 Januari tahun ini, ringan atau tanpa gejala.

Sekitar 80 persen dari populasi Taiwan sudah divaksinasi dua dosis. Sementara hampir 60 persen populasinya telah mengambil dosis booster atau penguat.

Taiwan berencana mempersingkat isolasi rumah untuk warga yang melakukan kontak dekat dari 10 hari menjadi tiga hari. Hal itu jika tes antigen terbukti negatif pada akhir periode isolasi.

Taiwan juga hendak melonggarkan aturan karantina 10 hari bagi kedatangan asing. Sejauh ini Taiwan sudah melaporkan 132.955 kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 868 jiwa.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement