Ahad 29 May 2022 21:03 WIB

Wapres Kamala Harris Serukan Warga Amerika Bersatu Lawan Rasisme

Harris mengatakan pemerintah AS akan mencari solusi penembakan massal.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
 Wakil Presiden Kamala Harris berbicara di Taman Mawar Gedung Putih di Washington, Selasa, 17 Mei 2022, selama resepsi untuk merayakan Bulan Warisan Penduduk Asli Asia Amerika, Penduduk Asli Hawaii, dan Kepulauan Pasifik. Wapres Kamala Harris Serukan Warga Amerika Bersatu Lawan Rasisme
Foto:

Harris juga menyerukan warga AS harus bersatu. Harris mengingatkan bahwa keragaman warga AS merupakan sebuah persatuan.

“Kita harus sepakat jika kita ingin kuat sebagai bangsa, kita harus berdiri kokoh, mengidentifikasi keragaman kita sebagai kesatuan,” kata Harris.

Ini adalah minggu perpisahan yang menyedihkan bagi keluarga dan teman-teman korban penembakan di Buffalo. Beberapa korban tewas yang berada di Tops Friendly Market antara lain seorang pekerja restoran yang sedang membeli kue ulang tahun untuk anaknya yang berusia 3 tahun. Ada pula seorang ayah dan penggemar berat Buffalo Bills yang bekerja sebagai asisten bus sekolah, dan seorang perempuan berusia 32 tahun yang pindah ke Buffalo untuk membantu seorang saudaranya yang sedang berjuang melawan leukemia.

Sementara Whitfield adalah seorang nenek dan ibu dari empat anak. Dia berada di dalam supermarket setelah mengunjungi suaminya di sebuah panti jompo. Ketika itu, seorang pria bersenjata yang diidentifikasi oleh polisi sebagai Payton Gendron (18 tahun) memulai serangan mematikan itu dan menewaskan 10 orang. Pihak berwenang mengatakan Gendron, yang berkulit putih, menargetkan supermarket  itu karena berada di lingkungan yang didominasi orang kulit hitam.

Pengacara hak-hak sipil Ben Crump, menyerukan agar semua pihak yang membantu dan mendukung aksi penembakan Gendron dimintai pertanggungjawaban, termasuk produsen senjata. Crump mengatakan, mereka yang menginstruksikan dan meradikalisasi Gendron juga harus dimintai pertanggungjawaban karena telah menyebabkan hilangnya nyawa 10 orang.

“Adalah dosa bahwa pemuda ini, telah membunuh Ruth Whitfield dan warga Buffalo lainnya," kata Crump.

Secara keseluruhan, terdapat 13 orang yang menjadi korban penembakan. Tiga orang selamat dan 10 meninggal dunia. Dari total korban 11 merupakan orang Afrika-Amerika. Gendron didakwa dengan pembunuhan tingkat pertama dan ditahan tanpa jaminan. Pengacara Gendron telah mengajukan pembelaan tidak bersalah.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement