Senin 13 Jun 2022 13:22 WIB

Sektor-Sektor yang Terdampak Aksi Mogok Sopir Truk di Korsel

Aksi mogor sopir truk Korea Selatan telah mengganggu sejumlah sektor

Dua pabrikan mobil terkemuka asal Korsel, Hyundai dan KIA

5. Penyulingan dan Petrokimia

Rata-rata pengiriman harian produk petrokimia Korsel telah terpangkas hingga 10 persen dari volume normal 74.000 ton sejak pemogokan, menurut Asosiasi Industri Petrokimia Korea, Senin. Jumlah kendaraan yang memasuki kompleks petrokimia Ulsan anjlok sekitar 90 persen dari biasanya.

Para sopir truk meminta rekannya yang bukan anggota serikat untuk tidak memasuki kompleks, kata Park dari serikat sopir truk. Pemogokan mengancam logistik bagi polietilen dan polipropilen, kata seorang sumber. Sebuah penyuling besar mengaku belum melihat dampak signifikan pada pengiriman hingga Kamis.

Pompa-pompa bensin biasanya memiliki cadangan hingga dua pekan, tetapi situasinya akan memburuk jika pemogokan berlarut-larut, kata seorang eksekutif di perusahaan itu. Korsel memiliki kapasitas penyulingan terbesar kelima di dunia dan memiliki kapasitas penyulingan minyak mentah 3,3 juta barel per hari pada awal 2020.

6. HiteJinro

Polisi telah menangkap lebih dari 24 orang, termasuk anggota serikat sopir truk, karena memblokade pabrik bir HiteJinro Co Ltd di Icheon, Seoul, kata kantor berita Yonhap. Juru bicara HiteJinro menolak berkomentar tentang penangkapan itu, tetapi memastikan bahwa anggota serikat sopir truk memblokade jalan masuk di dua pabriknya di Incheon dan Cheongju. Blokade itu membuat perusahaan kesulitan logistik dan mengurangi pengiriman produk sampai 60 persen dari biasanya hingga Minggu.

7. Pelabuhan dan Kontainer

Pelabuhan Busan, pelabuhan kontainer terbesar ketujuh di dunia, mengatakan pemogokan telah memangkas lalu lintas kontainer sebesar dua pertiga dari biasanya. Tempat-tempat penyimpanan kontainer mulai penuh dan otoritas sedang mencari cara untuk menambah kapasitas, kata seorang pejabat pemerintah.

Lalu lintas kontainer di pelabuhan Ulsan, yang menyumbang sekitar 10 persen lalu lintas pelabuhan di Korsel, telah ditangguhkan sejak Selasa, menurut seorang pejabat.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement