Ahad 19 Jun 2022 10:01 WIB

Kanselir Jerman: Negara G7 akan Terus Dukung Ukraina Selama Diperlukan

Negara-negara G7 isyaratkan tolak klaim keberhasilan Rusia mengontrol Ukraina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Kanselir Jerman Olaf Scholz. Dalam wawancaranya dengan kantor berita Jerman, DPA, Scholz mengatakan negara anggota kelompok G7 akan terus mendukung Ukraina.
Foto:

Scholz mengungkapkan, Jerman bersama Prancis, Italia, dan Rumania telah membahas pasokan senjata lebih lanjut ke Ukraina, khususnya amunisi dan artileri. Sebelumnya, Rusia memperingatkan Barat agar tidak terus memasok persenjataan ke Ukraina.

Moskow menilai, hal itu sia-sia dan hanya akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut di Ukraina. Hal tersebut disampaikan saat Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi berkunjung ke Kiev.

"Saya berharap para pemimpin ketiga negara itu, dan presiden Rumania, tidak hanya fokus mendukung Ukraina dengan lebih lanjut memompa Ukraina dengan senjata. Itu sama sekali tidak berguna dan akan menyebabkan kehancuran lebih lanjut pada negara tersebut (Ukraina)," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada awak media, Kamis (16/6/2022).

Alih-alih menyuplai senjata, Peskov berharap para pemimpin negara-negara tersebut justru menyadarkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tentang keadaan Ukraina saat ini. "Mari berharap mereka akan mendorong Presiden Zelensky untuk benar-benar melihat keadaan," ucapnya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement