Senin 20 Jun 2022 15:42 WIB

Jurnalis Rusia Jual Hadiah Nobel untuk Anak-Anak Ukraina

Tawaran tertinggi lelang medali nobel perdamaian ini adalah 550.000 dolar AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Medali nobel. Jurnalis Rusia Dmitry Muratov melelang medali Hadiah Nobel Perdamaiannya.
Foto:

Tawaran daring dimulai 1 Juni bertepatan dengan peringatan Hari Anak Internasional. Penawaran langsung jatuh pada Hari Pengungsi Sedunia.

Pada Senin pagi dini hari, tawaran tertinggi adalah 550.000 dolar AS. Harga beli diperkirakan akan naik, mungkin mencapai jutaan. Dilelehkan 175 gram emas 23 karat yang terkandung dalam medali Muratov akan bernilai sekitar 10.000 dolar AS.

"Ini adalah kesepakatan yang sangat ditunggu lebih dahulu. Tidak semua orang di dunia memiliki Hadiah Nobel untuk dilelang dan tidak setiap hari dalam seminggu ada Hadiah Nobel yang melintasi blok lelang," kata kepala strategi untuk Heritage Auctions Joshua Benesh.

Perwakilan Muratov dan Heritage mengatakan, bahkan bagi yang tidak ikut pelelangan itu, publik masih dapat membantu dengan menyumbang langsung ke UNICEF. "Saya pikir pasti akan ada kegembiraan pada hari Senin. Ini adalah barang unik yang dijual dalam keadaan yang unik, tindakan kedermawanan yang signifikan, dan krisis kemanusiaan yang signifikan," ujar Benesh.

Muratov sangat kritis terhadap pencaplokan Krimea oleh Rusia pada  2014 dan perang yang diluncurkan pada Februari yang telah menyebabkan hampir lima juta orang Ukraina melarikan diri ke negara lain demi keselamatan. Kondisi ini menciptakan krisis kemanusiaan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

 

Wartawan independen di Rusia telah berada di bawah pengawasan Kremlin, jika bukan target langsung dari pemerintah. Sejak Vladimir Putin berkuasa lebih dari dua dekade lalu, hampir dua lusin jurnalis meninggal dunia, termasuk setidaknya empat yang pernah bekerja untuk surat kabar Muratov.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement