Rabu 27 Jul 2022 06:20 WIB

Turki Tingkatkan Pembelian Minyak dan Gas dari Iran

Turki juga akan mengembangkan hubungan dengan Iran.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: AP/Vahid Salemi
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Turki akan meningkatkan pembelian minyak dan gas Iran, di tengah kebutuhan energi yang lebih besar. Selain itu, Turki juga akan mengembangkan hubungan dengan Iran.

"Turki akan meningkatkan pembelian minyak dan gas alam dari Iran, dengan volume perdagangan antara Ankara dan Teheran bisa mencapai 30 miliar dolar AS," ujar Erdogan, dilansir Middle East Monitor, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga

Sebelumnya Erdogan bertemu dengan Presidrn Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Teheran. Dalam pertemuan itu, Turki dan Iran secara khusus menandatangani delapan nota kesepahaman dan kerjasama di berbagai bidang seperti media, bisnis dan investasi, serta ekonomi.

Turki dan Iran juga mengembangkan hubungan bilateral yang lebih erat, meskipun ada perbedaan dalam kebijakan luar negeri mereka mengenai dukungan untuk pihak yang berseberangan di Suriah dan kawasan sekitarnya. Erdogan menegaskan kembali perlunya pengembangan hubungan itu pada pertemuan dengan Raisi di Teheran pekan lalu, setelah penandatanganan perjanjian kedua negara.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement