Selasa 30 Aug 2022 13:16 WIB

Komedian Libya Tewas Saat Live Instagram Bentrokan di Tripoli

Komedian dan influencer Libya, Mustafa Baraka tewas ketika tengah merekam bentrokan.

Komedian dan influencer Libya, Mustafa Baraka tewas ketika sedang merekam bentrokan di ibu kota Tripoli akhir pekan lalu
Foto: anadolu agency
Komedian dan influencer Libya, Mustafa Baraka tewas ketika sedang merekam bentrokan di ibu kota Tripoli akhir pekan lalu

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI - Komedian dan influencer Libya, Mustafa Baraka tewas ketika sedang merekam bentrokan di ibu kota Tripoli akhir pekan lalu. Menggunakan fitur Instagram Live, sang komedian mendokumentasikan bentrokan yang tengah berlangsung di Tripoli.

"Satu foto terakhir sebelum aku mati," kata Baraka kepada para pengikutnya, dikutip laman Aljazirah, Selasa (30/8/2022).

Baraka kemudian ditembak oleh peluru nyasar di dadanya. Ia kemudian tewas. Baraka adalah seorang komedian Libya terkenal yang telah muncul di televisi dan populer di media sosial. Ia mengejek politisi dan milisi Libya karena korup dan terus-menerus berperang.

Pertempuran di Libya terjadi selama akhir pekan lalu. Kementerian kesehatan Libya mencatat 32 orang tewas dalam kekerasan dan 159 terluka.

Milisi yang mendukung pemerintah yang diakui PBB yang berbasis di Tripoli dan pasukan yang setia kepada saingan Perdana Menteri Fathi Bashagha telah terlibat dalam baku tembak yang mengancam penduduk sipil. Pejabat kesehatan mendesak gencatan senjata untuk mengevakuasi orang dan menyediakan jalan yang aman untuk membantu yang terluka.

Ketegangan meningkat sejak Bashagha diangkat sebagai perdana menteri pada Februari oleh parlemen timur yang berbasis di Tobruk. Perdana Menteri Abdul Hamid al-Dabaiba, kepala Pemerintah Persatuan Nasional (GNU) yang diakui PBB, menolak untuk menyerahkan kekuasaan. GNU mengatakan, telah menguasai ibu kota setelah pertempuran terburuk dalam dua tahun.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement