Senin 05 Sep 2022 15:47 WIB

Kanada Buru Dua Pelaku Pembunuh Massal

Peristiwa ini menjadi pembunuhan massal dengan korban terbanyak dalam sejarah Kanada.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Seorang petugas polisi berjalan di TKP penikaman di Weldon, Saskatchewan, pada hari Minggu, 4 September 2022. Serangkaian penusukan di komunitas Pribumi dan di desa Weldon menyebabkan banyak orang tewas dan lainnya terluka, Kanada kata polisi pada Minggu saat mereka mencari dua tersangka.
Foto:

Penusukan pertama dilaporkan sekitar pukul 5.40 pagi dan tiga jam kemudian polisi mengeluarkan peringatan. Sore harinya serangan serupa terjadi di Provinsi Alberta dan Manitoba.

Dalam buletinnya polisi meminta masyarakat melaporkan setiap orang yang mencurigakan dan berhati-hati termasuk memberikan tempat pada orang asing. Polisi juga meminta masyarakat untuk tidak memberikan tumpangan orang yang mencurigakan.

"Jangan tinggalkan lokasi aman, selalu berhati-hati mengizinkan orang menggunakan kediaman anda," kata salah satu saran polisi.

Peringatan polisi dikeluarkan setelah mengatakan mungkin tersangka berada di Regina, salah satu kota terbesar di provinsi. Terlihat banyak polisi di jalan karena adanya pertandingan di Mosaic Stadium dekat pusat kota. Tapi Blackmore mengatakan belum diketahui posisi tersangka atau mereka telah mengganti kendaraan.

"Mengerikan apa yang telah terjadi di provinsi kami hari ini," kata Blackmore sambil mengatakan serangan ini salah satu serangan terbesar bila bukan yang terbesar yang terjadi di provinsinya.

Otoritas Kesehatan Saskatchewan mengaktifkan respon darurat untuk menambah staf yang merawat pasien yang terluka. Respon itu berakhir setelah "resiko gelombang pengiriman pasien karena situasi ini tidak lagi mengancam."

 

"Kami dapat mengkonfirmasi beberapa orang diprioritaskan dan dirawat di beberapa lokasi dan meminta staf tambahan untuk membantu merespons situasi ini," kata otoritas kesehatan dalam pernyataannya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement