Senin 16 Jan 2023 14:38 WIB

AS dan China Berebut Pengaruh di Pasifik

Kini China sangat aktif memperluas pengaruhnya di kawasan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
AS berusaha memperkuat hubungan dengan negara-negara Pasifik adalah dengan membuat kesepakatan-kesepakatan baru.
Foto:

Para anggota parlemen mengungkapkan keprihatinan tidak banyaknya perhatian pemerintah pada masalah ini hingga tahun 2021 lalu. Yun telah menandatangani nota kesepahaman dengan perwakilan Kepulauan Marshall dan Palau pada Selasa  lalu dan Rabu (11/1/2023) di Los Angeles.

Yun mengatakan terutama Kepulauan Marshall akan mendapatkan kompensasi atas kerusakan nuklir dan akan mendapatkan kontrol bagaimana uang yang mereka dapat dihabiskan. Ia menambahkan kesepakatan akan membayar "kesehatan, kesejahteraan dan pembangunan masyarakat yang terdampak nuklir."

Ia mencatat AS sudah berkomitmen untuk membangun rumah sakit baru dan museum di Marshall untuk memelihara kenangan dan warisan peran mereka, terutama di teater Pasifik Perang Dunia II.

Penandatanganan pekan ini membuka jalan badan pemerintah federal termasuk Kantor Pos, Badan Penerbangan Federal, Badan Penanggulangan Bencana Federal, Badan Cuaca Nasional untuk menegosiasikan kesepakatan mereka sendiri dengan Marshall dan Palau. Lembaga-lembaga itu bagian penting dalam kesepakatan terbaru.

Selain uang, lembaga-lembaga federal itu juga akan menyediakan layanan mereka pada dua negara Pasifik tersebut. Sebagai balasannya AS mendapatkan hak unik dan istimewa militer dan keamanan nasional  di wilayah mereka. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement