Senin 16 Jan 2023 17:17 WIB

Polisi Italia Berhasil Tangkap Bos Mafia Paling Dicari

Polisi tangkap bos mafia Messina Denaro yang buron selama tiga dekade

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Polisi Italia mengatakan telah berhasil menangkap Matteo Messina Denaro, seorang bos mafia paling dicari di negara itu. Messina Denaro menjadi buron selama tiga dekade
Foto: AP
Polisi Italia mengatakan telah berhasil menangkap Matteo Messina Denaro, seorang bos mafia paling dicari di negara itu. Messina Denaro menjadi buron selama tiga dekade

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA - Polisi Italia mengatakan telah berhasil menangkap Matteo Messina Denaro, seorang bos mafia paling dicari di negara itu. Messina Denaro, yang buron selama tiga dekade ditangkap di sebuah rumah sakit swasta di ibu kota Sisilia, Palermo, Italia.

Ia ditangkap dalam keadaan sedang dalam perawatan medis di rumah sakit tersebut. Jaksa mengatakan, Messina Denaro (60 tahun) adalah bos mafia Cosa Nostra di Sisilia.

Dia telah dijatuhi hukuman in absentia seumur hidup atas perannya dalam pembunuhan tahun 1992 terhadap jaksa anti-mafia Giovanni Falcone, dan Paolo Borsellino. Dia juga menghadapi hukuman seumur hidup atas perannya dalam serangan bom di Florence, Roma dan Milan yang menewaskan 10 orang pada 1993.

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni memuji penangkapan. "Ini adalah kemenangan besar bagi negara yang menunjukkan tidak pernah menyerah di hadapan mafia," katanya.

Polisi mengatakan pada September 2022 lalu, bahwa Messina Denaro masih bisa mengeluarkan perintah terkait dengan cara mafia meski sudah lama menghilang. Hal tersebut ia jalankan di daerah markas regionalnya di sekitar kota Trapani di Sisilia barat.

Messina Denaro berasal dari kota kecil Castelvetrano dekat Trapani. Ia juga dituduh oleh jaksa penuntut bertanggung jawab atas sejumlah pembunuhan lain pada 1990-an.

Pada 1993 dia membantu mengatur penculikan seorang anak laki-laki berusia 12 tahun, Giuseppe Di Matteo dalam upaya untuk mencegah ayahnya memberikan bukti melawan mafia. Bocah itu ditahan selama dua tahun sebelum dia dicekik dan tubuhnya dilarutkan dalam asam.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement