Rabu 18 Jan 2023 14:07 WIB

Perdana, Militer Taiwan Izinkan Wanita Ikuti Pelatihan Pasukan Cadangan

Ini adalah tahun pertama untuk memasukkan wanita dalam pelatihan cadangan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Militer Taiwan telah mengumumkan rencana untuk memasukkan wanita dalam pelatihan pasukan cadangannya tahun ini.
Foto:

Terkait hal itu, Ma memperingatkan, intervensi negara asing untuk mendorong kemerdekaan Taipei sama saja dengan “bermain api”. “Dukungan jahat untuk kemerdekaan Taiwan di antara elemen anti-China di beberapa negara asing adalah provokasi yang disengaja,” kata Ma dalam konferensi pers dua mingguan, Rabu (11/1/2023).

"Kami menyerukan kepada negara-negara yang relevan untuk berhenti mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan separatis kemerdekaan Taiwan dan berhenti bermain-main dengan masalah Taiwan," kata Ma menambahkan.

China telah berulang kali mengerahkan kapal perang dan jet tempurnya ke wilayah Taiwan. Mereka kerap melewati garis tengah Selat Taiwan sepanjang 160 kilometer yang membagi kedua sisinya. Pada akhir Desember lalu, China mencatatkan rekor dengan mengerahkan 71 pesawat dan tujuh kapal ke Taiwan atau merupakan skala terbesar sepanjang 2022.

China diketahui mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Namun Taiwan berulang kali menyatakan bahwa ia adalah negara merdeka dengan nama Republik China. Taiwan selalu menyebut bahwa Beijing tidak pernah memerintahnya dan tak berhak berbicara atas namanya. Situasi itu membuat hubungan kedua belah pihak dibekap ketegangan dan berpeluang memicu konfrontasi.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement