Rabu 15 Feb 2023 11:03 WIB

Taiwan Siap Lumpuhkan Objek Mencurigakan dari Daratan Cina

Balon terbang yang ditemukan di sekitar Taiwan digunakan untuk eksplorasi meteorologi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
 Dalam foto yang disediakan oleh Chad Fish ini, sisa-sisa balon besar melayang di atas Samudra Atlantik, tepat di lepas pantai Carolina Selatan, dengan jet tempur dan contrailnya terlihat di bawahnya,  Sabtu (4/2/2023). Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada Selasa (14/2/2023), akan menembak jatuh objek militer yang dicurigai mendekati pantainya dari daratan Cina. Kewaspadaan ini muncul di tengah spekulasi atas dugaan balon mata-mata Cina.
Foto: Chad Fish via AP
Dalam foto yang disediakan oleh Chad Fish ini, sisa-sisa balon besar melayang di atas Samudra Atlantik, tepat di lepas pantai Carolina Selatan, dengan jet tempur dan contrailnya terlihat di bawahnya, Sabtu (4/2/2023). Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada Selasa (14/2/2023), akan menembak jatuh objek militer yang dicurigai mendekati pantainya dari daratan Cina. Kewaspadaan ini muncul di tengah spekulasi atas dugaan balon mata-mata Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada Selasa (14/2/2023), akan menembak jatuh objek militer yang dicurigai mendekati pantainya dari daratan Cina. Kewaspadaan ini muncul di tengah spekulasi atas dugaan balon mata-mata Cina.

Asisten Wakil Kepala Staf Umum untuk Intelijen Mayor Jenderal Huang Wen-chi mengatakan, pulau itu berjaga-jaga dari serangan apa pun. Namun, militer belum menemukan siapa pun yang menembus pertahanannya.

Baca Juga

Huang menyatakan, balon terbang sejauh ini yang ditemukan di sekitar Taiwan digunakan untuk eksplorasi meteorologi. Mereka relatif kecil dan ringan, serta akan meledak setelah naik ke ketinggian yang bisa mengancam. Taiwan belum menemukan target yang membutuhkan respons mematikan.

"Kami belum pernah melihat balon mata-mata canggih yang dikirim oleh Partai Komunis Cina di perairan dekat Taiwan,” kata Huang.

Pernyataan Huang mengacu pada balon yang ditembak jatuh Amerika Serikat (AS) awal bulan ini. Balon tersebut sebelumnya telah melakukan perjalanan berhari-hari dari atas Alaska ke Carolina Selatan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin menyebut, penjatuhan balon Cina oleh AS sebagai reaksi berlebihan yang jelas. Beijing mengatakan itu adalah pesawat tak berawak yang dibuat untuk penelitian meteorologi.

Gedung Putih pun melakukan pelumpuhan terhadap beberapa benda asing dalam beberapa hari. AS membela penembakan tiga objek tak dikenal itu sebagai tindakan kewaspadaan.

Padahal Washington mengakui, para pejabat tidak memiliki indikasi bahwa objek tersebut dimaksudkan untuk pengawasan dengan cara yang sama seperti balon Cina yang dilumpuhkan bulan lalu.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement