Rabu 01 Mar 2023 00:55 WIB

Pengadilan Rusia Kembali Denda Yayasan Wikipedia

Pengadilan Rusia menjatuhkan denda pada Yayasan Wikipedia sebesar 2 juta rubel.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Wikipedia
Foto: WIKIPEDIA
Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pengadilan Rusia menjatuhkan denda pada Yayasan Wikipedia sebesar 2 juta rubel. Pihak berwenang Rusia menuduh Wikipedia gagal mengatasi "informasi palsu" tentang militer Rusia di situs tersebut.

Tidak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu, Moskow memberlakukan undang-undang yang membatasi orang melaporkan konflik tersebut. Undang-undang itu mengizinkan pihak berwenang mendenda atau memblokir situs yang dituduh menyebarkan informasi yang berlawanan dengan narasi resmi Kremlin.

Yayasan Wikipedia, pemilik situs Wikipedia sudah didenda tahun lalu setelah gagal menghapus artikel yang berkaitan dengan perang di Ukraina. Termasuk yang berjudul "evaluasi invasi Rusia tahun 2020 di Ukraina."

Wikipedia Rusia mengatakan denda yang terbaru dijatuhkan setelah pihak berwenang menuduh Wikipedia "menyebar informasi palsu" dalam artikel tentang unit-unit militer Rusia. Organisasi itu mengatakan akan mungkin mengajukan banding tapi belum memutuskan.

"Sejauh ini, dalam sejarah pengadilan di Rusia, Wikipedia hanya memiliki satu kali pengalaman berhasil di pengadilan banding," kata kepala Yayasan Wikipedia cabang Rusia, Stanislav Kozlovskiy.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement