Sabtu 04 Mar 2023 09:25 WIB

Putin Tuduh Kelompok Ukraina Serang Penduduk di Wilayah Rusia

Ukraina membantah tuduhan Putin soal penyerangan terhadap warga sipil Rusia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
 Presiden Rusia Vladimir Putin memimpin pertemuan dengan anggota Dewan Keamanan Rusia melalui konferensi video di kediaman negara Novo-Ogaryovo, di luar Moskow, Rusia, Jumat (3/3/2023). Dalam pernyataan terbarunya, Putin menuduh Ukraina menyerang warga sipil di daerah dekat perbatasan.
Foto:

Korps Sukarelawan Rusia menggambarkan dirinya sebagai "formasi sukarelawan di Angkatan Bersenjata Ukraina". Sedikit yang diketahui tentang kelompok tersebut dan belum jelas hubungan mereka dengan militer Ukraina.

Peneliti untuk situs web investigasi Bellingcat, Michael Colborne, menyatakan, kelompok itu didirikan pada Agustus 2022. Mereka sebagian besar terdiri dari ekstremis Rusia sayap kanan anti-Putin yang memiliki hubungan dengan kelompok sayap kanan Ukraina.

Di Twitter, Colborne mengatakan bahwa intelijen militer Ukraina sangat mungkin menyetujui serangan itu. Namun, penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak menggambarkan klaim Rusia sebagai provokasi klasik yang disengaja.

"Rusia ingin menakut-nakuti rakyatnya untuk membenarkan serangan terhadap negara lain (dan) meningkatnya kemiskinan setelah tahun perang," ujar Podolyak menunjukkan bahwa partisan Rusia berada di balik kejadian Bryansk.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement