Sabtu 18 Mar 2023 08:19 WIB

Polisi dan Pengunjuk Rasa Penentang Perubahan Usia Pensiun Bentrok di Paris

Pemerintah akan menaikkan usia pensiun di Prancis.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
 Petugas pemadam kebakaran memadamkan api setelah demonstrasi di dekat Majelis Nasional setelah pemungutan suara Majelis Nasional Prancis atas undang-undang reformasi pensiun yang diusulkan pemerintah, di Paris, Prancis,  Kamis (16/3/2023). Orang-orang berdemonstrasi di luar Parlemen Prancis setelah Perdana Menteri Prancis Borne mengajukan Pasal 49 yang kontroversial paragraf 3 (49.3) Konstitusi untuk mengesahkan undang-undang reformasi pensiun yang akan menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun pada tahun 2030 setelah Senat memberikan suara setuju.
Foto: EPA-EFE/Mohammed Badra
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api setelah demonstrasi di dekat Majelis Nasional setelah pemungutan suara Majelis Nasional Prancis atas undang-undang reformasi pensiun yang diusulkan pemerintah, di Paris, Prancis, Kamis (16/3/2023). Orang-orang berdemonstrasi di luar Parlemen Prancis setelah Perdana Menteri Prancis Borne mengajukan Pasal 49 yang kontroversial paragraf 3 (49.3) Konstitusi untuk mengesahkan undang-undang reformasi pensiun yang akan menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun pada tahun 2030 setelah Senat memberikan suara setuju.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Polisi anti huru hara bentrok dengan pengunjuk rasa pada Jumat (16/3/2023) malam di Paris. Demonstrasi baru kembali meletus dalam upaya menentang rencana pemerintah untuk menaikkan usia pensiun negara Prancis.

Kerusuhan yang berkembang telah mengakibatkan gelombang pemogokan sejak awal tahun dan sampah menumpuk di jalan-jalan Paris. Kondisi itu membuat Presiden Prancis Emmanuel Macron menghadapi tantangan terberat terhadap otoritasnya sejak 'Gilets Jaunes' atau Protes 'Rompi Kuning' Desember 2018.

Baca Juga

Siaran Reuters TV menyiarkan tembakan gas air mata digunakan oleh polisi untuk mengatasi kekacauan massa saat pengunjuk rasa berkumpul di Place de la Concorde Paris, dekat gedung parlemen Assemblee Nationale. "Macron, Mundur!" teriak beberapa demonstran, saat mereka berbaris ke barisan polisi anti huru hara.

Masalah kekacauan malam ini mengikuti kekacauan serupa pada Kamis (15/3/2023). Ketika itu Macron memutuskan untuk mendorong melalui perombakan pensiun yang diperebutkan tanpa pemungutan suara parlemen.

Perombakan tersebut menaikkan usia pensiun negara Prancis dua tahun menjadi 64 tahun. Menurut pemerintah keputusan tersebut penting untuk memastikan sistem tidak bangkrut. Serikat pekerja, dan sebagian besar pemilih, tidak setuju.

Prancis sangat terikat untuk mempertahankan usia pensiun resmi pada 62, yang termasuk yang terendah di negara-negara Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

Jajak pendapat Toluna Harris Interactive untuk radio RTL menunjukkan, lebih dari delapan dari 10 orang tidak senang dengan keputusan pemerintah untuk melewatkan pemungutan suara di parlemen. Sedangkan 65 persen menginginkan pemogokan dan protes berlanjut

"Maju tanpa pemungutan suara adalah penyangkalan terhadap demokrasi ... penyangkalan total atas apa yang telah terjadi di jalanan selama beberapa minggu", kata psikolog berusia 52 tahun Nathalie Alquier di Paris.

Aliansi luas dari serikat-serikat utama Prancis mengatakan, mereka akan melanjutkan mobilisasi untuk mencoba dan memaksa pada perubahan. Protes direncanakan untuk akhir pekan ini, dengan momen aksi industri nasional dijadwalkan pada Kamis nanti. Serikat guru menyerukan pemogokan minggu depan, yang dapat mengganggu ujian sekolah menengah Baccalaureate yang menjadi simbol.

Protes nasional selama delapan hari sejak pertengahan Januari dan banyak lagi aksi industri lokal sebagian besar berlangsung damai. Namun kerusuhan dua hari terakhir mengingatkan pada protes Rompi Kuning akhir 2018 atas harga bahan bakar yang tinggi yang memaksa Macron membuat keputusan memutar balik dalam pajak karbon.

Anggota parlemen oposisi sayap kiri dan tengah mengajukan mosi tidak percaya di parlemen pada Jumat sore. Meskipun Macron kehilangan mayoritas mutlaknya di majelis rendah parlemen dalam pemilihan tahun lalu, ada sedikit kemungkinan hal ini akan terjadi, kecuali jika aliansi kejutan dari anggota parlemen dari semua sisi dibentuk, dari ekstrem kiri ke ekstrem kanan.

Para pemimpin partai konservatif Les Republicains (LR) telah mengesampingkan aliansi semacam itu. Tak satu pun dari mereka yang mensponsori mosi tidak percaya yang diajukan pada Jumat. Sayap kanan diperkirakan akan mengajukan lagi di kemudian hari.

Masing-masing anggota parlemen LR mengatakan, mereka dapat mematahkan barisan. Namun RUU tanpa kepercayaan akan mengharuskan semua anggota parlemen oposisi lainnya dan setengah dari 61 anggota parlemen LR untuk melewatinya dan itu dinilai tugas berat.

"Sejauh ini, pemerintah Prancis biasanya menang dalam mosi tidak percaya seperti itu," kata kepala ekonom Berenberg Holger Schmieding.

Pemungutan suara di parlemen kemungkinan akan berlangsung selama akhir pekan atau pada Senin (20/3/2023). Macron ingin membalik halaman dengan cepat, pejabat pemerintah sudah mempersiapkan reformasi yang lebih berwawasan sosial. Dia juga dapat memilih, pada titik tertentu, untuk memecat Perdana Menteri Elisabeth Borne yang berada di garis depan debat pensiun.

Tapi salah satu atau kedua gerakan tersebut mungkin tidak banyak membantu meredam kemarahan di jalanan. Tak satu pun dari mereka membuat komentar publik sejak Jumat. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement