Selasa 09 May 2023 14:22 WIB

Menlu Korut Janji Jalin Hubungan Lebih Kuat dengan Cina

Korut dan Cina bersedia lebih mengembangkan hubungan persahabatan

Bendera Korea Utara (Korut) dibawa selama perayaan ulang tahun ke-73 negara itu di Pyongyang, Korea Utara pada 9 September 2021.
Foto: AP Photo/Cha Song Ho
Bendera Korea Utara (Korut) dibawa selama perayaan ulang tahun ke-73 negara itu di Pyongyang, Korea Utara pada 9 September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Choe Son-hui bertemu dengan Duta Besar baru Cina untuk negara itu dan menyampaikan kesediaan "tegas" untuk lebih mengembangkan hubungan persahabatan antara kedua negara, kata media pemerintah Korut, KCNA, Selasa (9/5/2023).

Choe bertemu dengan Dubes Cina Wang Yajun, yang melakukan kunjungan kehormatan kepadanya pada Senin (7/5) dan pertemuan itu digelar dalam suasana yang bersahabat, menurut KCNA.

Baca Juga

"Mereka menyampaikan sikap tegas untuk lebih mengembangkan hubungan yang telah lama terjalin dan bersahabat antara Korut dan Cina dengan menjunjung tinggi niat mulia pihak-pihak dan kepala negara kedua negara," lapor KCNA.

Wang memulai tugas resminya pada awal April, setelah kedatangannya ke negara tertutup itu ditunda lebih dari dua tahun akibat pembatasan yang diberlakukan diperbatasan untuk mengatasi Covid-19 di Korut. Wang ditunjuk sebagai utusan tertinggi Beijing untuk Pyongyang pada Februari 2021.

Korut telah memperkuat hubungannya dengan Cina, yang merupakan sekutu lama sekaligus donatur negara itu, di tengah sanksi global terhadap program nuklir dan rudal Pyongyang, dan terhentinya perundingan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement