Senin 15 May 2023 11:38 WIB

Erdogan Mulai Rayakan Hasil Sementara Pemilihan Presiden

Erdogan terlihat gembira, sikap yang jarang yang tunjukan selama masa kampanye.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pemilihan presiden tahun ini akan menjadi keputusan politik terpenting dalam 100 tahun sejarah Turki.
Foto:

Dalam pidatonya, Erdogan mengatakan, Turki sedang menggelar pesta demokrasi besar-besaran. Meski, katanya, hasil akhirnya belum diputuskan, ia yakin ia dan partainya memimpin perolehan suara.

"Hasil pemilihan di dalam dan luar negeri akan butuh waktu untuk masuk, tapi tentu kami tidak seperti mereka yang mencoba mengelabui bangsa mungkin untuk terakhir kalinya dengan menciptakan gambaran mereka yang sebenarnya berada jauh di belakang mengatakan mereka di depan," kata Erdogan.

"Kami selalu jujur pada bangsa kami, kami tahu kami jauh lebih unggul dalam pemilihan hari ini, tapi kami mengharapkan hasil pastinya akan datang," ujarnya.

"Kami yakin kami mendapatkan (suara) di atas 50 persen pada putaran kali ini," katanya. Pernyataan mengindikasi Erdogan yakin kemenangan mutlak meski ada kemungkinan digelarnya putaran kedua yang digelar bila tidak ada kandidat yang mendapatkan 50 persen suara.

photo
Infografis Erdogan Jadi Person of the Year - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement