Rabu 17 May 2023 05:58 WIB

Media Barat Salah Besar, Erdogan Buktikan Masih Kuat di Pilpres Turki

Prancis tak senang saat Erdogan mencabut larangan perempuan pakai jilbab di sekolah.

 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto:

ORC Research memperlihatkan 56,8 persen bakal diraih Kilicdaroglu, sebanyak 43,2 persen untuk Erdogan. Jajak pendapat ini dilaksanakan pada 4-6 Maret, sebelum capres dari oposisi utama diumumkan secara resmi pada 8 Maret.

Gempa bumi Februari 2023, tampaknya hanya berdampak kecil bagi popularitas AKP, partai pendukung Erdogan. Jajak pendapat Metropoll menyajikan data, 34,4 persen responden menyalahkan pemerintah karena kerugian akibat gempa, 26,9 persen menyalahkan kontraktor. 

Sebanyak 15,4 persen menyalahkan pemerintah kota, 12,9 persen responden lainnya menyatakan semua bertanggung jawab. 

Merve Tahiroglu, direktur program Project on Middle East Democracy di Turki menyatakan koalisi oposisi beragam. Setiap sosok penting di koalisi tersebut bisa menjangkau segmen berbeda di Turki. 

‘’Pada momen khusus ini, kita memiliki alasan untuk optimistis pemilu Turki mengantarkan kemenangan oposisi dalam 20 tahun terakhir ini,’’ katanya, dikutip dari Reuters, Selasa (16/5/2023). Pilpres diwarnai kejutan dengan mundurnya capres Muharrem Ince, Kamis (11/5/2023).

Bersamaan dengan itu, jajak pendapat oleh Konda, menyebutkan dukungan untuk Erdogan 43,7 persen dan Kilicdaroglu  49,3 persen. Maka berpotensi adanya putaran kedua pilpres. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement