Rabu 17 May 2023 18:37 WIB

Pasokan Pangan Global Bakal Terancam karena Rusia

Perjanjian Koridor Gandum Laut Hitam antara Rusia-Ukraina akan berakhir 18 Mei.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Perjanjian Koridor Gandum Laut Hitam yang disepakati Rusia-Ukraina akan berakhir pada 18 Mei 2023.
Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Perjanjian Koridor Gandum Laut Hitam yang disepakati Rusia-Ukraina akan berakhir pada 18 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, GENEVA -- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berlomba untuk memperpanjang kesepakatan yang memungkinkan pengiriman biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam ke beberapa bagian dunia yang sedang berjuang melawan kelaparan. Pengiriman ini dapat membantu meringankan krisis pangan global yang diperparah oleh perang yang dilancarkan Rusia lebih dari satu tahun yang lalu.

Kesepakatan jalur gandum, terobosan yang ditengahi oleh PBB dan Turki dengan pihak-pihak yang bertikai pada musim panas lalu, disepakati dengan kesepakatan terpisah. Sedangkan untuk memudahkan pengiriman makanan dan pupuk Rusia, pihak Moskow bersikeras perjanjian itu belum diterapkan.

Baca Juga

Rusia menetapkan tenggat waktu pada hari Kamis (18/5/2023) pekan ini untuk menyelesaikan masalahnya atau akan mengundurkan diri. Sikap keras kepala seperti itu bukanlah hal baru. Dengan perpanjangan serupa pada bulan Maret, Rusia secara sepihak memutuskan untuk memperpanjang kesepakatan hanya selama 60 hari, bukan 120 hari yang diuraikan dalam perjanjian.

Para pejabat dan analis PBB memperingatkan bahwa kegagalan untuk memperpanjang Inisiatif Gandum di jalur Laut Hitam dapat merugikan negara-negara di Afrika, Timur Tengah, dan beberapa bagian Asia yang bergantung pada gandum Ukraina, jelai, minyak nabati, dan produk makanan terjangkau lainnya, terutama ketika kekeringan melanda.

Kesepakatan ini membantu menurunkan harga-harga komoditas pangan seperti gandum selama tahun lalu, tetapi bantuan tersebut belum sampai ke meja-meja dapur.

"Jika Anda mengalami pembatalan kesepakatan biji-bijian lagi, ketika kita sudah berada pada situasi yang cukup ketat, itu hanya satu hal lagi yang tidak dibutuhkan dunia, sehingga harga dapat mulai naik lebih tinggi," kata William Osnato, seorang analis riset senior di perusahaan data dan analisis pertanian Gro Intelligence. 

"Anda tidak melihat kelegaan di cakrawala."

Kepala kemanusiaan PBB Martin Griffiths mengatakan kepada Dewan Keamanan pada hari Senin bahwa kesepakatan itu sangat penting dan pembicaraan sedang berlangsung. Para negosiator yang berkumpul di Istanbul minggu lalu hanya membuat sedikit kemajuan.

Wakil Perdana Menteri Ukraina Oleksandr Kubrakov mengatakan bahwa kesepakatan biji-bijian harus diperpanjang untuk jangka waktu yang lebih lama dan diperluas untuk memberikan prediktabilitas dan keyakinan pada pasar.

Moskow mengatakan bahwa pihaknya menentang perluasan atau perluasan kesepakatan tanpa batas waktu. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Selasa bahwa ada sesi kontak yang intens tetapi keputusan belum dibuat.

Sementara itu, Rusia dengan cepat mengirimkan panen besar gandumnya melalui pelabuhan-pelabuhan lain. Para kritikus mengatakan bahwa hal itu menunjukkan bahwa Moskow sedang bersikap atau mencoba untuk mengulur-ulur waktu dalam inspeksi bersama terhadap kapal-kapal yang dilakukan oleh para pejabat Rusia, Ukraina, PBB, dan Turki.

Inspeksi harian yang dilakukan, dimaksudkan untuk memastikan kapal hanya membawa makanan dan bukan senjata. Inspeksi ini juga untuk mengecek jumlah pengiriman, yang ternyata terus menurun dari puncak 10,6 pada bulan Oktober menjadi 3,2 pada bulan lalu.

Rusia membantah memperlambat pekerjaannya, dengan pengiriman biji-bijian Ukraina juga menurun dalam beberapa minggu terakhir. "Kami tidak setuju bahwa peran perwakilan (inspektur) Rusia harus direduksi menjadi pemberian stempel otomatis, atau persetujuan, atau permohonan yang diajukan oleh Kiev," ujar duta besar Rusia di Jenewa, Gennady Gatilov, pada wartawan bulan lalu.

Ketika ditanya apakah blokade pantai Ukraina atau lebih banyak serangan terhadap pelabuhan-pelabuhannya dapat terjadi setelah penarikan diri dari perjanjian tersebut, Gatilov mengatakan bahwa pihak berwenang Rusia mempertimbangkan semua skenario yang mungkin terjadi jika perjanjian tersebut tidak diperpanjang.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement