Jumat 02 Jun 2023 22:59 WIB

Kepolisian Meksiko Temukan 45 Tas Berisi Jenazah di Dasar Jurang, Korban Kartel Narkoba?

Polisi Meksiko masih berupaya mengungkap identitas korban.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Mobil polisi Meksiko. Kepolisian Meksiko menemukan sedikitnya 45 tas berisi sisa-sisa jasad manusia di sebuah jurang di Negara Bagian Jalisco, Selasa (30/5/2023).
Foto: AP Photo/Marco Ugarte
Mobil polisi Meksiko. Kepolisian Meksiko menemukan sedikitnya 45 tas berisi sisa-sisa jasad manusia di sebuah jurang di Negara Bagian Jalisco, Selasa (30/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO -- Kepolisian Meksiko menemukan sedikitnya 45 tas berisi sisa-sisa jasad manusia di sebuah jurang di Negara Bagian Jalisco. Saat ini, penyelidikan terkait kasus tersebut masih terus bergulir.

Ke-45 tas itu ditemukan di dasar jurang sedalam 40 meter di Kota Madya Zapopan, pinggiran Guadalajara, pada Selasa (30/5/2023) lalu. Personel kepolisian berada di tempat itu karena sedang melakukan pencarian terhadap tujuh pemuda, terdiri dari dua perempuan dan lima laki-laki, yang dilaporkan hilang sejak 20 Mei 2023.

Baca Juga

"Empat puluh lima tas berisi sisa-sisa jasad manusia telah diekstraksi milik laki-laki dan perempuan," kata kantor kejaksaan negara dalam sebuah pernyataan, Kamis (1/6/2023).

Ahli forensik belum menentukan jumlah korban dan identitas mereka. Sementara itu, terkait tujuh pemuda yang dilaporkan hilang sejak 20 Mei 2023, kepolisian mengatakan, laporan hilang terhadap tiap individu dilakukan secara terpisah.

Namun, penyelidikan kepolisian mengungkap bahwa mereka semua bekerja di call center yang sama. Menurut kepolisian, call center tersebut berada di daerah yang sama dengan lokasi penemuan 45 tas berisi jenazah manusia.

Dikutip dari AP, Jumat (2/6/2023), penyelidikan awal menunjukkan bahwa call center tersebut mungkin terlibat dalam aktivitas ilegal. Media lokal melaporkan bahwa pihak berwenang telah menemukan ganja, kain, dan lap pembersih dengan noda darah serta dokumen tentang kemungkinan aktivitas komersial.

Dalam beberapa tahun terakhir, di berbagai wilayah Jalisco, jenazah manusia ditemukan di dalam tas atau di kuburan darurat tanpa tanda. Pada 2021, di Kota Madya Tonala di Jalisco, ditemukan sekitar 70 kantong berisi sisa jenazah dari 11 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement