Jumat 02 Jun 2023 22:59 WIB

Kepolisian Meksiko Temukan 45 Tas Berisi Jenazah di Dasar Jurang, Korban Kartel Narkoba?

Polisi Meksiko masih berupaya mengungkap identitas korban.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Mobil polisi Meksiko. Kepolisian Meksiko menemukan sedikitnya 45 tas berisi sisa-sisa jasad manusia di sebuah jurang di Negara Bagian Jalisco, Selasa (30/5/2023).
Foto:

Pada 2019, sebanyak 29 jenazah ditemukan dalam 119 kantong di daerah Zapopan yang tidak berpenghuni. Kasus lain yang memicu banyak protes di Jalisco adalah hilangnya tiga mahasiswa perfilman pada Maret 2018. Jasad ketiga mahasiswa itu dilarutkan dalam asam.

Pada 2018, media-media sempat melaporkan bahwa tiga orang Italia menghilang, diduga diserahkan oleh polisi ke kartel Generasi Baru Jalisco. Ketiga warga Italia itu belum ditemukan meskipun pencarian besar-besaran oleh aparat negara bagian dan federal telah dilakukan.

Menurut media setempat, dalam dua bulan pertama tahun 2023 saja, sebanyak 33 jenazah ditemukan di lima kuburan darurat di kawasan Guadalajara. Meksiko telah mencatat lebih dari 340 ribu pembunuhan dan sekitar 110 ribu orang hilang dengan laporan paling banyak berasal dari Jalisco.

Sebagian besar dikaitkan dengan organisasi kriminal. Itu terjadi sejak peluncuran serangan antinarkoba militer yang kontroversial pada Desember 2006.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement