Senin 12 Jun 2023 18:45 WIB

Kuasa dan Skandal Berlusconi 

Berlusconi membuat politik Italia tak lagi dibentuk oleh partai tetapi karakter kuat.

Mantan PM Silvio Berlusconi keluar RS San Raffaele setelah dirawat 45 hari, di Milan, 19 Mei 2023 (dipublikasi kembali 12 Juni 2023).
Foto:

Berlusconi kehilangan kepercayaan parlemen menyusul skandal seks yang menderanya. Pemberitaan tabloid-tabloid, selama karier politiknya ia menghadapi lebih dari 20 pengadilan karena penyalahgunaan wewenang, kecurangan finansial, dan pesta-pesta cabul di luar Milan. 

Kasus yang ramai diberitakan termasuk kejadian Februari 2011 terkait skandal seks yang melibatkan pekerja seks berusia 17 tahun. ‘’Saya mencintai hidup, saya mencintai perempuan,’’ kata Berlusconi pada 2010. 

Menurut pengamat politik Francesco Galietti, Berlusconi dikenang juga dengan kemampuannya dalam mengatasi sulitnya hubungan luar negeri, khususnya awal 2000-an. Ia mampu menghadirkan dalam satu kesempatan sejumlah pemimpin yang saling berseberangan. 

Waktu itu, Berlusconi bisa menyatukan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden AS George  Bush.’’Tak ada pemimpin Italia lainnya yang mampu menangani hubungan internasional seperti ini,’’ujar Galietti.

Namun, Berlusconi gagal mencapai kesepakatan dengan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel pada 2011 yang menekan Italia segera merestrukturisasi pasar seiring membengkaknya utang Italia dan krisis pada euro. 

Ia memantik kemarahan setelah peristiwa 11 September 2001, yakni serangan teroris ke AS, dengan menyatakan peradaban barat lebih superior dibandingkan Islam. 

Berlusconi memicu kontroversi kembali dengan komentarnya soal invasi Rusia ke Ukraina, Februari tahun lalu. Ia menyatakan Ukraina bertanggung jawab atas terjadinya invasi Rusia. Ia juga mengecam PM Giorgia Meloni yang bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Berlusconi pertama menikah pada 1965 dengan Carla Dall’Oglio. Mereka memiliki dua orang anak yaitu Marina dan Piersilvio, yang dididik untuk menangani dinasti bisnis. Ia menikah kedua kalinya dengan Veronica Lario pada 1990. Mereka dikaruniai tiga anak yaitu Barbara, Eleonora, dan Luigi.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement