Kamis 15 Jun 2023 07:35 WIB

Perang Psikologis, Pasukan Khusus Chechnya Dijadikan Alat Ciptakan Ketakutan

Rusia kini menjadikan perang psikologis sebagai elemen sentral dari strateginya.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Pengumuman masuknya prajurit Chechnya adalah bagian dari upaya Rusia untuk menggoyahkan musuh dan menciptakan ketakutan
Foto: EPA-EFE/SERGEY SHESTAK
Pengumuman masuknya prajurit Chechnya adalah bagian dari upaya Rusia untuk menggoyahkan musuh dan menciptakan ketakutan

REPUBLIKA.CO.ID, GROZNY -- Dalam sebuah artikel yang diterbitkan The Conversation, banyak analis percaya bahwa strategi militer Rusia tidak berhasil dalam dua minggu pertama perang di Ukraina. Perlawanan Ukraina ditambah dengan kesulitan pasokan persenjataan Rusia, serta koordinasi yang buruk dari berbagai korps tentara dan masalah motivasi di kalangan wajib militer dan tentara profesional, telah memperlambat gerak maju pasukan Rusia.  

Menghadapi kesulitan militer dan logistik ini, Rusia kini menjadikan perang psikologis sebagai elemen sentral dari strateginya. Pengumuman masuknya prajurit Chechnya yang dipimpin Ramzan Kadyrov ke dalam perang dan propaganda yang melingkupinya adalah bagian dari upaya Rusia untuk menggoyahkan musuh.

Baca Juga

Kadyrov memimpin puluhan ribu pejuang yang dikenal sebagai Kadyrovtsy.  Tidak ada entitas federasi lain di Federasi Rusia yang memiliki angkatan bersenjata sebesar ini. Pasukan Kadyrovtsy adalah anggota Garda Nasional Rusia. Mereka tetap berada di bawah satu-satunya komando Kadyrov, yang juga menyandang gelar mayor jenderal.

Pasukan Kadyrovtsy adalah spesialis dalam mengawasi kota-kota yang ditaklukkan.  Mereka dikenal karena kekejaman yang mereka lakukan di Chechnya dan di Donbass pada tahun 2014. Beberapa pasukan Kadyrovtsy juga ditempatkan di Suriah.

Pengumuman Rusia bahwa pasukan Chechnya dilibatkan dalam perang bertujuan untuk menimbulkan ketakutan bagi penduduk Ukraina. Rumor bahwa pasukan khusus mereka telah diberi misi khusus untuk membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga bertujuan untuk menebar ketidakpastian dan menciptakan ketakutan.

Moskow mengirim salah satu batalion Kadyrovtsy ke Donbass pada 2014 untuk membuat separatis pro-Rusia tunduk dan membersihkan mereka dari elemen yang paling tidak disiplin. Kehadiran pasukan Chechnya menunjukkan bahwa Moskow sedang mempersiapkan perang gerilya perkotaan di Ukraina. Pasukan Kadyrov bisa menjadi aset untuk ini. Mereka tidak hanya mengatasi perlawanan lokal Ukraina, tetapi juga untuk mendisiplinkan pasukan Rusia dan afiliasinya.

Baca Juga: Presiden Ceko Minta Pengawasan Ketat untuk Orang Rusia di Barat

Penampilan Kadyrov di televisi Chechnya dan di media sosial adalah pengingat kesetiaannya kepada Putin. Di tingkat lain, dukungan Kadyrov adalah pengingat bahwa komitmen rakyat Federasi untuk mendukung Putin tidak terhalang oleh batasan etnis dan agama. Perbedaan-perbedaan ini terhapus oleh tujuan bersama menentang Barat yang dibenci dan memerangi otoritas Ukraina yang telah digambarkan sebagai Nazi.

Keterlibatan pasukan Kadyrovtsy dalam perang di Ukraina adalah pertaruhan yang berisiko. Integrasi mereka yang buruk ke dalam rantai komando dapat mengurangi keuntungan yang terkait dengan keterlibatan mereka bersama unit reguler tentara Rusia. Dengan kemenangan Kadyrov yang tampaknya tidak sejalan dengan realitas perang ini, dia bisa menjadi tanggung jawab politik bagi Putin.

Majelis rendah Rusia dukung perekrutan....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement